12 Bandara “Ter-“ di Dunia

12 Bandara “Ter-“ di Dunia – Berikut adalah daftar bandara dengan predikat “Ter-“ di dunia yang telah dirangkum. Bandara – bandara berikut menyandang status “Ter-“ dalam berbagai hal seperti komersil, bandara khusus, paling ekstrim dari ketinggian, suhu dan lainnya. Berikut ulasan mengenai 12 Bandara “Ter-“ di Dunia.

12 Bandara “Ter-“ di Dunia :

1.Bandara Ter-utara

bandara terutara

Seperti yang telah dibahas pada artikel “7 Tempat Ter-Utara di Dunia” sebelumnya, Bandara Alert merupakan bandara dengan letak ter-utara di dunia. Namun saat ini, bandara tersebut tidak diperuntukkan untuk  dikunjungi secara umum namun merupakan pos terdepan militer Alert.Ada di ujung utara Pulau Ellesmere di wilayah Nunavut, Kanada, bukan hanya pemukiman paling utara yang bumi. Di sana ada juga Bandara Alert yang letaknya ada di paling utara di bumi. Adapun penerbangan komersial di wilayah ini ada di Bandara Svalbard, Longyear, Norwegia yang terletak di antara Kutub Utara dan daratan Eropa.

2.Bandara Ter-selatan

bandara terselatan 1

Bandara Jack F. Paulus Skiway adalah bandara ter-selatan di dunia, landasan pada bandara ini hanya dapat digunakan oleh pesawat kargo C-130 Angkatan Udara AS untuk memasok kebutuhan Stasiun Kutub Selatan Amundsen-Scott. Sebagian besar pendaratan di bandara ini adalah untuk misi ilmiah dan tidak ada penerbangan komersial reguler ke Antartika. Namun sesekali bandara ini menerima penerbangan wisata.

3.Bandara Letaknya Tertinggi

bandara tertinggi

Bandara Daocheng Yading di Provinsi Sichuan, China merupakan bandara ter’tinggi di dunia yang diresmikan pada tahun 2013. Lokasi bandara Daochen Yading terletak di dataran tandus dengan ketinggian 4.411 meter di atas permukaan air. Bandara ini melayani penerbangan reguler dengan rute ke ibukota provinsi Chengdu serta beberapa tujuan lain di Cina selatan dan tengah.

4.Bandara Letaknya Terendah

bandara terendah

Laut Mati Israel adalah dataran terendah di dunia, bandara Bar Yehuda Airfield yang terletak tepat di sana ada di titik 378 meter di bawah permukaan laut dan menjadi bandara ter-endah di dunia. Bandara ini tidak memiliki layanan penerbangan reguler.

5.Bandara Paling Terisolasi

bandara terisolasi

Bandara ter-isolasi di dunia adalah Bandara Totegegie di Polinesia Prancis, 3.759 kilometer untuk mencapai Bandara Santiago, Chile. Lokasinya yang terpencil namun karena adanya patung – patung unik di pulau Paskah menjadi alasan keberadaan bandara ini.

6.Bandara Terpanas

bandara terpanas

Bandara Internasional Ahvaz adalah bandara ter-panas di dunia, suhu yang pernah tercatat adalah 54 derajat celcius. Suhu ini merupakan suhu terpanas yang pernah tercatat di zaman modern dan terjadi di Mitribah, Kuwait pada Juli 2016, dan Death Valley, California pada Juni 2013.

7.Bandara Terdingin

bandara terdingin

Bandara Yakutsk yang terletak di pedalaman Siberia, Desa Oymyakon, Rusia (wilayah otonom sebesar 12 kali ukuran negara Inggris) adalah bandara ter-dingin di dunia. Ibu kota regional Yakutsk bersuhu rata – rata -39 derajat celcius.

8.Bandara Terbesar

bandara terbesar

Bandara Internasional King Fahd, Arab Saudi, memiliki luas area dengan total 78.000 hektar adalah bandara ter-besar di dunia. Namun area yang sebenarnya dikembangkan dan di bangun untuk digunakan hanya seluas 3,675 hektar.

9.Bandara Tertinggi Bangunannya

bandara bangunan tertinggi

Bandara internasional Kuala lumpur memiliki Tower West di Kuala Lumpur International Airport tertinggi di dunia sehingga bandara ini merupakan bandara dengan bangunan ter-tinggi. Tower West di Kuala Lumpur International Airport memiliki tinggi 133.8 meter.

10.Bandara dengan Landasan Terpendek

bandara landasan terpendek

Bandara Juancho E. Yrausquin di Pulau Saba, Antillen Belanda adalah bandara dengan landasan ter-pendek di dunia. Hal tersebut dikarenakan kondisi kontur dan alam di Pulau Saba, bandara ini dibangun di satu-satunya lahan ruang datar di pulau vulkanik ini. Landasannya menempel di sisi gunung yang curam.

11.Landasan Terpanjang

bandara landasan terpanjang

Bandara Qamdo Bamda di Daerah Otonomi Tibet, Cina adalah bandara dengan landasan ter-panjang di dunia dengan panjang mencapai 5.500 meter. Hal ini dilakukan karena merupakan kompensasi pengurangan kerja mesin saat mengangkat badannya. Hal itu dikarenakan saat lepas landas dan mendarat sudah berada di ketinggian yang sangat tinggi.

12.Bandara Terbahagia

bandara terbahgia

Bandara Exeter di Finlandia adalah bandara ter-bahagia di dunia. Hal ini di klaim dari survey Happy Or Not yang dilakukan pada pelanggan bandara, dengan hasil 25.000 pelanggan dengan jawaban Happy.

Sekian hal yang dapat kami bagikan mengenai 12 Bandara “Ter-“ di Dunia, jika masih ada hal yang ingin diketahui silahkan tinggalkan jejak pada kolom komentar. Jangan lupa share jika anda terbantu dan informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 1 =