Apakah Itu Society 5.0?

Apakah Itu Society 5.0 ?Pada era modern sekarang teknologi semakin berkembang pesat, saat ini  di Jepang sendiri telah meluncurkan program Society 5.0, dalam bahasa Indonesia Society berarti Masyarakat, dalam KBBI Masyarakat adalah sejumlah manusia dalam arti seluas-luasnya dan terikat oleh suatu kebudayaan yang mereka anggap sama. Lalu apa itu Society 5.0

Definisi Society 5.0 ?

Society 5.0 atau Masyarakat 5.0 adalah konsep teknologi masyarakat yang berpusat pada manusia dan berkolaborasi dengan teknologi (AI dan IoT) untuk menyelesaikan masalah sosial yang terintegrasi pada ruang dunia maya dan nyata.
Sebelum Society 5.0 terdapat versi sebelumnya yaitu Society 1.0 (Masyarakat berburu), Society 2.0 (Masyarakat bertani), Society 3.0 (Masyarakat Industri) dan Society 4.0 (Masyarakat Informasi).
Jadi pada dasarnya Society 5.0 merupakan era baru dalam kehidupan bermasyarakat yang sudah terintegrasi dengan sistem teknologi berupa IoT(Internet Of Things) dan AI (Kecerdasan buatan) yang dapat memproses big data dan menganalisa data tersebut.

 

AI dan IoT

 

Bagaimana cara kerja Society 5.0 ?

Pada Society 5.0 teknologi AI dan IoT berfungsi sebagai pengolah data dan menganalisi data yang bersumber pada manusia itu sendiri memalui sensor fisik atau berupa data pada manusia itu sendiri lalu mengumpan balikkan data yang telah di proses oleh AI dan IoT kembali ke manusia dengan berbagai bentuk fisik.

Mungkin anda masih bingung dengan konsep Society 5.0 itu bisa diaplikasikan pada kehidupan sosial berikut adalah contoh konsep Society 5.0 dalam berbagai aspek kehidupan.

Society 5.0 pada bidang pengiriman/distribusi ( Drone Delivery)

Drone Delivery

 

Bayangkan jika anda belanja online di internet, berapa hari anda harus menunggu untuk mendapatkan pesanan online anda? atau apakah kurir bisa sampai dengan cepat rumah anda dengan cepat apabila rumah anda berada jauh dari pusat kota? ataupun tumah anda sulit dijangkau karena berada pada pegunungan? nah dengan teknologi Society 5.0 memungkinkan barang yang anda pesan secara online bisa sampai dengan cepat dan tepat sasaran, dengan bantuan teknologi AI dan IoT, sistem AI mengontrol Drone untuk mengirimkan pesanan anda sampai pada tujuan dengan cepat dan tepat.

Society 5.0 pada Rumah pintar (Home Automation)

Home Automation

 

Konsep rumah pintar bisa langsung anda rasakan dengan bantuan teknologi IoT, mungkin saat ini setiap hari anda dibangunkan dengan alarm bisa saja, tapi teknologi AI alarm bisa mengetahui anda apakah anda sudah benar-benar bangun atau masih terlelap, selain itu kosep rumah pintar bisa diaplikasikan pada peralatan elektronik anda, dengan menghubungkan semua peralatan elektronik anda dengan IoT dan memprosesnya dengan AI maka rumah anda terlihat modern.

Sebagai contoh anda bisa menyalakan lampu teras menggunakan kontrol suara ataupun apabila anda belum sampai di rumah dan hari mulai gelap sistem AI akan menyalakan lampu teras anda apabila sudah mejelang malam.

Atau dipagi hari anda bosan dengan menu sarapan yang biasa anda buat, anda bisa meminta saran menu sarapan yang enak langsung dengan perintah suara lalu AI dan IoT memproses data dan memberikan saran sarapan yang terenak.
 
Atau AI(Kecerdasan Buatan) yang menginformasikan cuaca pada hari ini dan apabila akan hujan saat anda pulang kerja ataupun sekolah, AI bisa menyarankan anda membawa payung atau jas hujan.
 

Society 5.0 Pada Kesehatan Medis (Medical Care)

Medical Monitoring

 

Pada bidang kesehatan, teknologi AI sangat memudahkan anda dalam mendapatkan informasi kesehatan anda ataupun keluarga anda, seperti contoh dengan penrangkat elektronik yang dapat memberikan informasi detak jantung anda atau tekana darah anda, sistem AI bisa memberikan informasi apabila status kondisi kesehatan anda tidak normal.
Kemudian dengan AI bisa menganalisa sendiri atau menyampaikan perihal kesehatan anda pada dokter pribadi anda secara langsung dan memberkan saran-saran kepada anda seperti, anda harus meminum obat apa, sarapan yang baik untuk anda, atau menyarankan anda berolahraga setiap akhir pekan.

Society 5.0 Pada Pertanian (Smart Farming)

Smart Farm

 

Dengan sistem AI anda bisa mengontrol pertanian yang anda kelola, seperti Traktor pintar yang bisa anda kendalikan secara online IoT yang bisa membajak dan menanam langsung secara otomatis ataupun sistem monitoring tanaman yang di kelola langsung dengan AI yang dapat memanagement sistem pemupukan atau penyiraman air.
Atau AI mengambil data pengalaman proses pertanian dari tahun sebelumnya kemudian memproses dan menganalisa data tersebut kemudian menyarankan anda konsep bertanam yang lebih efisien dari tahun sebelumnnya.

Society 5.0 Pada Transportasi (Autonomous Vehicles)

Autonomous Vehicles

 

Dengan konsep Society 5.0 Autonomous Vehicles atau Kendaraan Pintar bisa membantu kehidupan manusia dengan mudah, bayangkan apabila anda tinggal jauh dari pusat kota, bus komersial yang biasanya sudah pasti sangat jarang, namun dengan kendaraan pintar (BUS) bisa menghemat biaya yang dikeluarkan perusahaan transpostrasi untuk menyewa sopir bus tersebut.
Selain itu dengan andanya kendaraan pintar ini, bisa mengurangi kecelakaan yang biasa berdasarkan human error seperti sopir mengantuk, kurang kosetrasi ataupun mendadak sakit saat mengendarai bus.
Itulah konsep Society 5.0 yang dikembangkan di jepang saat ini, apakah Indonesia tercinta kita bisa menerapkan ini dalam waktu dekat? Mungkin butuh waktu 10 tahun lebih untuk bisa menerapkan konsep ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 + 12 =