Apa sih SmartWatch itu ? Ketahui Sejarah, Kelebihan dan Kekurangannya Disini



Meskipun tidak ada definisi khusus tentang Smartwatch, namun secara umum Smartwatch diketahui sebagai perangkat pintar yang biasanya terhubung dengan Smartphone untuk menjalankan beberapa fungsi disamping fungsinya sebagai jam tangan. Smartwatch dirancang untuk jaringan dan mengintegrasikan dengan perangkat pribadi lainnya melalui Wi-Fi dan teknologi Bluetooth.

Melalui Smartwatch pengguna dapat mengakses berita, cuaca, olahraga, telepon, pesan dan bahkan pada versi Smartwatch terbaru pengguna dapat mengetahui informasi kesehatan badannya. Smartwatch menggunakan bacaan biometric melalui sensor byonim untuk mengidentifikasi detak jantung pengguna dan mengkalkulasi jumlah detak jantungnya. Smartwatch tidak di rancang untuk menggantikan fungsi ponsel, Smartwatch dirancang memberi “alert” pada pengguna untuk pesan dan panggilan yang masuk pada ponsel.



Awal Mula SmartWatch



Pengembang awal Smartwatch adalah Microsoft Inc. yang memperkenalkan Smart Personal Object Technology (SPOT) pada tahun 2002. SPOT merupakan perangkat mandiri yang dapat menerima berita dan peringatan melalui layanan radio FM, MSN Direct. 


Smart Personal Object Technology


Namun SPOT tidak meledak di pasaran karena beberapa hal misalnya MSN Direct yang memerlukan biaya berlangganan. Sejak itu, teknologi pelopor Pebble Inc. mendefinisikan kembali gagasan smartwatch ketika memasuki pasar dan mengumpulkan kickstarter hingga $10 juta. Perusahaan lain, seperti Google dan Apple sejak saat itu mengikuti dan mengembangkan Smartwatch mereka sendiri.


Perkembangan Smartwatch


Tahun 1970: Intel & Microma




Smartwatch pertama dari Intel dan Microma Universal
Tahun 1970 dipercaya sebagai tahun awal kemunculan Smartwatch. Intel menjadi salah satu perusahaan yang menghadirkan Smartwatch dengan membeli sebuah perusahaan jam bernama Microma Universal. Menurut Co-Founder Intel Gordon Moore, mereka adalah perusahaan yang pertama kali merilis arloji pertama dengan layar jenis LCD (liquid crystal display). Namun, Smartwatch  yang diluncurkan oleh Intel & Microma terhitung gagal karena minimnya teknologi yang diadopsi pada Smartwatch. 

Tahun 1982: Seiko




Seiko seri D409
Perusahaan jam tangan asal Jepang, Seiko, mengklaim Pulsar sebagai merk jam yang pertama kali mereka promosikan. Pada tahun 1982, Pulsar dihadirkan dengan kemampuan memori penyimpanan 24 digit.
Seiring dengan perkembangan, pada tahun 1983, Seiko meluncurkan Pulsar seri D409 dengan kemampuan menampilkan papan ketik pertama yang mampu mengadopsi 2000 karakter dengan layar dot matrix.

Tahun 1999: PDA & Fossil




Fosil Wrist PDA
Pada 1999 perkembangan PDA dengan sistem operasi Palm OS menjadi sangat terkenal, bahkan cukup laris bagi kalangan pebisnis saat itu. Founder Palm OS, Donal Brewer bekerja sama dengan Fossil Inc. untuk menghadirkan Fosil Wrist PDA yaitu Smartwatch dengan system operasi Palm dengan kemampuan sinkronasi data dengan PC dan bekerja layaknya sebuah PDA pada era itu.

Tahun 2000: IBM & Citizen




IBM Watch pad
IBM mengenalkan prototype Smartwatch dengan label Linux Smartwatch pada Juni 2000, Linux Smartwatch dirancang untuk dapat bersinkronisasi secara nirkabel dengan PC, ponsel dan perangkat Bluetooth yang kompatibel. Linux Smartwatch sudah dibekali dengan TouchScreen, mikrofon dan speaker kecil didalamnya dan didukung dengan memory sebesar 8MB dengan OS Linux 2.2, serta sensor accelerometer dan sidik jari.
Setelah meyakini produk pertamanya akan laris di pasaran, IBM menggandeng perusahaan arloji Watch Citizen Co, yang akhirnya menghadirkan Watch pad. Berbeda dari generasi pertama, kali ini hadir dengan layar QVGA beresolusi 320×240 dengaan os Linux versi yang lebih tinggi 2.4. Namun  tanpa alasan yang jelas proyek ini tidak diteruskan dan proyek inipun dihentikan pada tahun 2011-2002.

Tahun 2013 : Samsung, SONY & Pebble

Samsung Galaxy Gear
Samsung menghadirkan perangkat jam tangan pintarnya yang diberi nama “Galaxy Gear” yang membuatnya jadi pioneer. Jam tangan pintar Samsung ini dirancang dapat terkoneksi dengan perangkat smartphone buatan Samsung.



Vendor asal Jepang, Sony juga mengeluarkan Smartwatch dengan nama Smartwatch 2, sebagai generasi kedua jam pintar sebelumnya. Hampir mirip dengan Samsung, jam tangan pintar ciptaan Sony ini juga tersinkronisasi dengan smartphone andalannya seri Xperia. Smartwatch 2 memiliki kemampuan membantu Anda untuk menemukan ponsel yang tersembunyi, mengontrol kamera, memutar musik dan memberi tahu pemberitahuan yang masuk ke ponsel.



Selain kedua perusahaan tersebut, ada vendor lain yang juga coba memasuki pasar yang sama, yaitu Pebble. Perusahaan teknologi ini menghadirkan jam tangan pintar bernama Pabble E-Paper. Dari informasi yang didapat, Apple, HTC, LG, dan Google juga tengah menyiapkan jam tangan pintar untuk mereka rilis pada tahun 2014.

Tahun 2014 : Apple




Apple Watch
Apple Watch dirilis pada tahun 2014 untuk pertamakali dengan banyak keunggulan dibanding Smart Watch lainnya. Contohnya tampilan menu yang mudah diakses, mengirim pesan dengan berbagai cara unik, close contact, melakukan panggilan hingga membaca e-mail.

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Smartwatch

KEUNTUNGAN


1.  Nyaman


Smartwatch hadir sebagai aksesoris pendukung dengan fungsi yang membuat nyaman dan memudahkan pengguna. Di waktu tertentu Smartwatch sangat memudahkan pengguna dengan fitur menjawab telepon dan membalas pesan yang mudah untuk dijangkau pengguna tanpa mengambil ponsel mereka.

2. Fitur yang Bermanfaat

Fitur yang diberikan smartwatch sendiri bervarian tergantung merknya. Sebagai contoh smartwatch rata - rata memiliki fitur kesehatan seperti cek tekanan darah , memantau pola tidur , menakar kalori pada pola makan.

3. Siap Kamera

Dibeberapa smartwatch sekarang ini terdapat fitur kamera. Fitur ini sama dengan fitur kamera pada ponsel. Fitur ini sangat menguntungkan pengguna, misalnya pada saat berolahraga selain berfungsi sebagai aksesoris juga dapat mengabadikan momen-momen tertentu.

4. Desain yang Menarik

Smartwatch sendiri memiliki berbagai macam varian desain pada setiap merek. Berbeda saat menggunakan jam tangan biasa dengan desain yang komersial. Ini juga didukung dengan fitur - fitur yang terdapat pada smartwatch.

5. Dapat Menggantikan Smartphone

Semakin berkembangnya smartwatch , banyak sekali fitur - fitur yang bermunculan untuk memberikan manfaat bagi penggunanya. Hingga perlahan smartwatch sendiri mampu menyamain smartphone dalam hal kepentingan pada umumnya seperti melakukan panggilan dan pesan.

KEKURANGAN


1.  Harga Mahal

Rata-rata produsen Smartwatch mematok harga yang tinggi untuk setiap Smartwatchnya, semakin besar harganya semakin mantap fiturnya. Ini merupakan salah satu yang perlu di pikirkan jika ingin memiliki smartwatch yang tidak tanggung-tanggung.

2.  Baterai yang Kecil

Tak seperti jam tangan biasa, Smartwatch hanya dapat bertahan sekitar 2-3 hari tergantung dari pemakaian penggunanya. Sehingga Smartwatch harus di Charge untuk digunakan kembali.

3.  Kamera Resolusi Kecil

Kamera pada Smartwatch hanya berkisar 0.3 – 0.5 megapixel, ukuran yang tidak begitu mumpuni bagus pengguna yang menyukai fotografi karena hasil foto yang kurang baik.

4. Desain

Terkadang desain yang diusung oleh pengembang dan produser Smartwatch berkesan seperti jam tangan anak-anak dan kurang baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel