5 Perbedaan Layar TV LCD dan LED

5 Perbedaan Layar TV LCD dan LED – Dalam kurun satu dekade terakhir, teknologi televisi (tv) komersial udah melaksanakan langkah yang lebih maju. Tidak uluang menggunakan layar tabung berukuran besar yang mengakibatkan tv jadi lebar. Diawali bersama dengan lahirnya tv LCD yang menawarkan gambar lebih tajam dibanding tv tabung. Selain itu, bentuknya jauh lebih ramping bersama dengan bobot yang terhitung jauh lebih mudah. Berikut perbedaan antara layar TV LCD dan LED.

5 Perbedaan Layar TV LCD dan LED

1.Konsumsi Listrik

LCD vs LED 5

TV LCD pada dasarnya menggunakan material liquid crystal display. Sementara tv LED memakai light emiting diode. Kedua tipe ini menggunakan daya listrik yang tidak banyak atau hemat sehinnga pengeluaran lebih sedikit dan hemat. Namun, jika dibandingkan pada tv LCD bersama LED, maka tv LED tetap lebih irit listrik. Konsumsi listrik tv LED bisa lebih kecil kira-kira 20-30 % dibanding tv LCD biasa.

2.Tingkat Kontras

LCD vs LED 2

Untuk tingkat kontras, tv LED masih lebih unggul dibanding tv LCD. Bisa muncul segera jika Anda memasang ke-2 type tv ini secara berdampingan. Maka akan muncul tv LED mempunyai tingkat kontras yang lebih tinggi. Hal ini bisa terjadi dikarenakan tv LCD manfaatkan teknologi CCFL (Cold Cathode Fluorescent Lamp) sebagai sumber cahaya.

Sementara tv LED menggunakan Light Emiting Diode (LED) yang cenderung berwarna gelap sebagai cahaya di belakang. Cahaya yang dihasilkan tv LED pun lebih kaya warna karena proses pemilihan warnanya lebih kompleks. Tv LCD tidak mampu menghambat semua cahaya yang singgah berasal dari backlight. Sementara tv LED mampu menghambat beberapa besar cahaya tersebut. Dan, hanya mengfungsikan yang berfungsi untuk membuat gambar memiliki tingkat kontras yang tinggi dan lebih jernih.

3.Ketebalan Layar

LCD vs LED 4

Layar pada tv LED akan lebih tipis dibanding tv LCD. Ini karena penggunakan material LED di dalam televisi tersebut. Material LED memang lebih tipis dibanding LCD dengan bahan dasar utama cairan yang butuh tempat lebih luas. Perbedaan material ini akhirnya membuat wadah untuk menampungnya pun berbeda. TV LCD bakal sedikit lebih tebal dibanding tv LED. Plus, punya bobot yang juga cenderung lebih berat.

4.Back Lightning Technology

LCD vs LED 1

Perbedaannya, terhadap tv LCD penyinaran dijalankan oleh Cold Cathode Flourescent Lamps (CCFL). Sementara terhadap tv LED material yang digunakan adalah Light Emiting Diode (LED). Inilah yang memicu mengonsumsi listrik tv LED lebih rendang dibanding tv LCD. Karena material LED sesungguhnya butuh kekuatan listrik yang lebih rendah. Bahkan tersedia yang mampu mencapai 50% dari kekuatan listrik tv LCD.

Sistem kerjanya pun relatif sama. Teknologi CCFL terhadap tv LCD menjadi alat untuk menyeleksi jutaan warna yang  terpancar dari backlight. Selain itu, CCFL terhitung produksi gambar hitam. Ditambah dengan LCD shutter yang melewatkan warna putih terhadap intensitas tertentu. Gabungan shutter dengan filter warna ini berguna untuk melewatkan warna utama Red, Green, Blue (RGB). Sehingga akan membentuk kumpulan warna yang dikenal dengan sebutan piksel.

Sementara tv LED, backlight-nya telah mengfungsikan teknologi LED. Material ini miliki proses dimming backlighting yang dapat membawa dampak kontras jadi lebih kuat. Tak heran jika tv LED dapat memberi mutu rasio lebih besar dibanding tv LCD. Penggunakan material LED ini terhitung berpengaruh terhadap ketajaman gambar.  Sehingga tv LED lebih tepat dipakai untuk menonton film berasal dari alat pemutar berteknologi blue ray yang sesungguhnya butuh televisi bersama dengan rasio kepadatan warna yang tinggi.

Saat ini tersedia dua model tv LED yang beredar di pasaran. Pertama, RGB LED yang tempatkan lempengan LED di belakang panel. Kedua, EDGE LED yang tempatkan panel LED di sekeliling layar. Kedua model ini sama-sama sanggup membuahkan gambar yang lebih jernih dan tajam.

5.Daya Tahan

LCD vs LED

Salah satu perbedaan tv LCD dan tv LED yang mampu dicermati secara segera adalah soal energi tahan. Tv LED punya kemampuan kerja lebih lama dibanding tv LCD. Apalagi jikalau dibandingkan dengan tv tabung. Salah satu segi yang sebabkan tv LED lebih tahan lama adalah penggunakan teknologi pencahayaan yang tidak butuh mengkonsumsi listrik yang besar.

Dengan mengkonsumsi listrik yang rendah, maka panel LED yang tersedia di didalam televisi pun condong lebih “dingin” dan tahan lama. Akan tetapi, sekali mengalami kerusakan, maka tv LED akan sukar diperbaiki. Biaya penggantian spare part mampu dibilang amat mahal. Sehingga banyak yang menambahkan masukan untuk membeli tv baru dibanding memperbaiki tv lama .

Sekian hal yang dapat kami bagikan mengenai 5 perbedaan layar LCD dan LED. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar dan jangan lupa share jika anda terbantu dan informasi ini bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 − 9 =