7 Jenis Keyboard Berdasarkan Tata Letak Selain QWERTY

7 jenis keyboard selain QWERTY – Christopher Latham Sholes bersama kedua rekannya pada tahun 1978 silam adalah penemu mesin ketik dan kemudian dipatenkan menjadi standar mesin ketik komersial pada tahun 1905. Mesin ketik merupakan cikal bakal dari komputer modern.

Jenis Keyboard QWERTY adalah jenis yang paling umum dan banyak diketahui masyarakat, namun nyatanya jenis QWERTY memiliki kekurangan dan kelemahan seperti efisiensi dalam mengoprasikannya. Selain jenis QWERTY masih banyak jenis keyboar lainnya, berikut pembahasannya :

7 jenis keyboard selain QWERTY:

1.Keyboard DVORAK

Keyboard DVORAK 1

Keyboard DVORAK pertama kali muncul di sekitaran tahun 1932an, desain Keyboard DVORAK dengan tangan kanan yang lebih memiliki beban besar dibanding tangan kiri. Keyboard DVORAK dirancangan agar 70% dari ketukan jatuh pada Home Row, dengan tujuan mengurangi kelelahan saat mengetik sehingga Keyboard ini lebih argonomik. Menurut uji coba yang dilakukan beberapa kali menunjukkan bahwa tata letak DVORAK lebih efisien 10 sampai 15 persen dibanding dengan QWERTY.

2.Keyboard KLOCKENBERG

Keyboard KLOCKENBERG

Keyboard KLOCKENBERG berbentuk terpisah yakni bagian kiri dan kanan dengan sudut 15 derajat serta dibuat dengan miring ke bawah. Keyboard KLOCKENBERG lebih nyaman digunakan dengan tombol – tombol yang lebih dekat dengan meja kerja. Keyboard KLOCKENBERG dianggap lebih mengurangi beban otot pada jari-jari dan pergelangan tangan, sekaligus mengurangi beban otot pada tangan dan bahu, namun kekurangannya adalah lebih memakan banyak ruang.

3.Keyboard Maltron

Keyboard Maltron

Keyboard Maltron dibuat dengan desain yang lebih cekung dibagian dalam. Keyboard Maltron didesain dengan tujuan agar pada saat jari-jari diposisikan akan mengetik, maka jari-jari itu dijamin tidak akan membentuk satu garis lurus sehingga proses pengetikan lebih cepat.

4.Keyboard Palantype

Keyboard Palantype

Keyboard Palantype mempunyai 3 kelompok karakter, yaitu bagian kiri, tengah, dan kanan, bagian-bagian tersebut dikelompokan masing-masing sesuai konsonannya. Bagian kiri menunjukkan konsonan awal sebuah kata, bagian tengah menunjukkan bagian vokal sebuah kata dan bagian akhir menunjukkan akhir sebuah suku kata.

Namun, Keyboard ini tidak memuat semua huruf atau konsonan, jenis ini tidak memakan banyak ruang dikarenakan huruf yang tidak ada dapat diakses dengan kombinasi beberapa tombol.

5.Keyboard Stenotype

Keyboard Stenotype

Keyboard Stenotype merupakan Keyboard yang kerap digunakan untuk mencatat ucapan seseorang. Jenis ini lebih banyak digunakan untuk kegiatan wawancara dikarenakan fungsinya yang memudahkan mencatat ucapan seseorang dengan baik.

6.Keyboard Alphabetik

Keyboard Alphabetik

Keyboard Alphabetik adalah Keyboard dengan susunan ABCDE, saat ini jenis Keyboard Alphabetik tidak lagi digunakan namun masih sering kita temui pada mainan anak – anak untuk mengenalkan alphabet.

7.Keyboard Numeric

Keyboard Numeric

Selain huruf, adapula Keyboard yang hanya terdapat angka saja yang dinamakan Keyboard Numeric. Keyboard Numeric bertujuan untuk penggunaan angka yang intens dan kemudahan dalam mengaplikasikan kegiatan akuntan atau kegiatan pengtikan angka.

Sekian hal yang dapat kami bagikan mengenai 7 Jenis Keyboard Berdasarkan Tata Letak Selain QWERTY, jika masih ada hal yang ingin diketahui silahkan tinggalkan jejak pada kolom komentar. Jangan lupa share jika anda terbantu dan informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × 1 =