8 Kota Mati Tanpa Penghuni Di Dunia

Kota Mati Tanpa Penghuni Di Dunia – Banyak kota yang dulunya berjaya namun lambat laun menjadi kota yang terbengkalai dan tak terawat hingga tak jarang dijuluki sebagai “Kota Hantu”. Beragam hal yang menjadi alsan kota – kota berikut menjadi kota mati berikut pembahasannya.

8 Kota Mati Tanpa Penghuni Di Dunia

1.Kolmanskop, Namibia

Kolmanskop

Penemuan berlian dan kemunculan kasino, bioskop, sekolah, pabrik es, dan barang-barang modern lainnya pada tahun 1908 menjadikan kota ini sangat berjaya. Pada 1950, dikarenakan berlian yang semakin habis menjadikan kota ini ditinggalkan dan mati.

2.Pripyat, Ukraina

Pripyat

Kota Pripyat menjadi kota yang mengalami ledakan nuklir terburuk sepanjang sejarah, Inti reaktor nuklir di pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl meledak pada akhir April 1986. Radiasi yang terjadi akibat ledakan masuk ke tahap yang mematikan sehingga memaksa seluruh penduduk kota meninggalkan Kota Pripyat. Meski telah lama terjadi, hingga sekarang kota ini masih dianggap terkontaminasi kadungan nuklir. Bahkan, di dalam kota tersebut masih banyak tumpukan sampah masker gas bekas pakai para penduduknya.

3.Pulau Hashima, Jepang

Pulau Hashima

Pulau Hasima merupakan tempat tambang batu bara di Jepang. Sekita 5.000 orang tercatat menjadi penghuni pulau. Namun semenjak bahan bakar dialihkan menjadi bensin, pulau ini pun mulai ditinggalkan para penghuninya.

4.Bodie, California

Bodie

Kota Bodie menjadi kota teramai di California pada tahun 1970 karena memiliki tambang emas yang berjaya. Namun kota ini berangsur-angsur ditinggalkan karena tambang emas yang sudah tak menghasilkan dan habis. Pada tahun 1915, kota ini mendapat julukan “Kota Hantu”. Kini, Bodie telah dikunjungi hingga 200 ribu pengunjung setiap tahunnya yang berkeliling menyusuri jalanan ‘Kota Hantu’ ini.

5.San Zhi, Taiwan

San Zhi

Kota San Zhi diperuntukkan sebagai tempat peristirahatan mewah para lansia kaya, namun selama proses pembangunan banyak pekerja yang mengalami kecelakaan fatal akibat alsan yang beragam sehingga pembangunan terbengkalai. Karena tak ada pekerja yang ingin bekerja dan kekurangan dana pembangunan maka Kota San Zhi ditinggalkan begitu saja.

6.Craco, Italia

Craco

Gempa hebat yang terjadi pada sekitaran abad 20, memaksa penduduk Kota Craco meninggalkan kota mereka. Kemudian pada tahun 1991, Kota Craco mengalami tanah longsor yang hanya menyisakan bekas puing-puing bangunan yang rusak dan tak berpenghuni.

7.Kayakoy, Turki

Kayakoy

Kayakoy menjadi tempat tinggal bagi umat Muslim Anatolia dan Kristen Ortodoks Yunani. Pada tahun 1919 hingga 1922 perang dunia pertama antara Yunani dan Turki memanas. Sehingga pada tahun 1923 dibuat perdamaian dengan kesepakatan Kota Kayakoy harus dikosongkan. Sejak tahun 1923 kota ini menjadi kota mati dengan puing-puing bangunan rusak akibat perang.

8.Marina City, Batam

Marina City

Kota Marina City yang dulunya menjadi pusat kota di Batam Indonesia. Dimulai sejak adanya larangan perjudian dari pemerintah, perekeonomian kota Batam menjadi lumpuh total secara drastis. Akibatnya penduduk Marina City harus berpindah untuk bertahan hidup.

Sekian hal yang dapat kami bagikan mengenai 8 Kota Mati Tanpa Penghuni Di Dunia. Jika masih ada hal yang ingin diketahui silahkan tinggalkan jejak pada kolom komentar. Jangan lupa share jika anda terbantu dan informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 3 =