Apa itu Gelombang Otak ?

Apa itu Gelombang Otak? – Gelombang listrik yang dihasilkan oleh neuron atau sel-sel saraf otak sering disebut oleh para ahli dengan gelombang otak atau brainwave. Anda juga harus tahu bahwa pola gelombang otak manusia yang terus berubah, yang diaktifkan dari keadaan atau kondisi, mental dan pikiran fisik seseorang.

Apa itu Gelombang Otak ?

Gelombang Otak

Mendengar makna Gelombang Otak bisa saja Anda sudah tidak asing, Gelombang Otak Merupakan Aliran listrik yang dihasilkan oleh neuron atau saraf otak, di dalam otak kami terdapat milyaran sel saraf atau neuron yang saling menghubungkan dan saling berkomunikasi antara neuron satu bersama dengan neuron lainnya. Nah, Setiap aliran listrik yang dihasilkan oleh neuron sesudah itu membentuk gelombang listrik yang saling mengirimkan sinyal atau Info yang berfungsi mengontrol kerja tubuh seperti, belajar,bekerja, makan, minum, berolahraga dan sebagainya.

Gelombang otak akan melambat ketika Anda sedang lelah, melamun, dan kurang semangat. Dalam medis Gelombang otak manusia dapat di deteksi atau diukur dengan alat EEG(Electroencephalograph), EEG bisa mendeteksi getaran-getaran, sinyal serta frekuaensi gelombang otak manusia.

Dari hasil riset yang sudah dikerjakan oleh peneliti gelombang otak, ternyata gelombang otak yang di otak kami mempunyai frekuensi bersama tingkatan yang berebda-beda di tiap-tiap fase. Frekuensi gelombang otak dibagi menjadi 4 golongan yakni delta, alpha, theta, dan beta. Sedangkan kecepatan gelombang otak dapat diiukur didalam satuan Hertz. Inilah Penjelasan lengkap tentang frekuensi gelombang manusia sesuai jenis frekuensinya :

Gelombang Otak Delta ( 0.5 – 3 Hz )

Delta merupakan gelombang otak paling lambat dibanding bersama frekuensi lainnya. Gelombang Otak delta mempunyai frekuensi 0-4 Hz, Menurut penelitian gelombang otak delta sangat baik untuk menangani masalah tidur sperti insomnia. Jika Anda terhitung orang yang mengalami insomsia atau sukar tidur dapat pakai terapi gelombang otak yang membuahkan gelombang delta, maka tidur Anda akan berkualitas dan kebugaran pun terjaga bersama baik. Selain disebut sebagai gelombang Tidur Delta terhitung dapat dipakai untuk penyembuhan dan kesehatan, dikarenakan pada fase gelombang Delta Hormon HGH ( Pertumbuhan ) dapat diproduksi lebih maksimal.

Manfaat gelombang Delta pada Otak
  1. Gelombang Otak Delta mampu memberikan kondisi relaksasi.
  2. bersifat menenangkan pikiran dan memperbaiki otot dalam tubuh
  3. Mampu menambah empati untuk memahami perasaan orang lain.
  4. Memproduksi HGH (hormon pertumbuhan) secara alami.
  5. Dapat merangsang hormon anti penuaan.
  6. Mampu mengurangi tingkat kortisol dalam tubuh. Kortisol adalah hormon yang dilepaskan ketika anda sedang stress.

Gelombang Otak Theta ( 3 – 8 Hz )

Theta adalah gelombang otak bersama dengan frekuensi pada 4Hz-8 Hz. Gelombang otak theta muncul dikala Anda tengah mengantuk, bermimpi dan bagun tidur gelombang otak theta ditandai bersama dengan pernasafan yang melambat dan dalam. Fase gelombang otak theta kerap disebut sebagai fase alam bawah mengerti manusia, karena pada kala seseorang memasuki alam bawah sadar. Theta adalah pusat kreatif manusia, maka dikala kita tengah mimpi betapa kreatif mimpi kita dan penuh bersama dengan kompleksitas emosional.

Gelombang theta dapat muncul secara alami layaknya waktu bangun tidur dan bermimpi, Namun theta juga dapat muncul jikalau manfaatkan tehnik tertentu, layaknya meditasi, hipnosys, dzikir, dan beribadah. Gelombang otak theta sangat mutlak untuk memengaruhi prilaku dan pola pikir seseorang. gara-gara pada situasi theta seseorang dapat bersama gampang terhubung alam bawah memahami dan memprogram anggapan bawah sadarnya. Gelombang otak theta erat kaitannya bersama kreativitas, ketenangan, dan pengetahuan.

Manfaat Gelombang Otak Theta
  1. Untuk meningkatkan kreatifitas dan kemampuan belajar
  2. Memasuki dan mengakses alam bawah sadar secara maksimal untuk merubah perilaku buruh seseorang supaya menjadi lebih baik dengan memberikan sugesti atau afirmasi positif.
  3. Membantu merangsang hormon endorphin (hormon yang berhubungan dengan rasa nyaman, suka cita, bahagia dan cinta) lebih tinggi.
  4. Membantu menghilangkan zat-zat adiktif ( zat yang menyebabkan kecanduan seperti seks, narkoba, rokok, dan sebagainya )

 

Gelombang Otak Alpha (8-13 Hz)

Gelombang otak Alpha merupakan gelombang otak di frekuensi 8-13 Hz, gelombang otak alpha nampak disaat seseorang dalam keadaan rileks dan santai, dengan ditandai keadaan tubuh mengantuk dan mata mengantuk tepatnya terhadap era peralihan mengerti ke tidak sadar. Gelombang otak alpha terlalu baik untuk mengurangi stress dan depresi. Gelombang Otak Alpha juga sanggup jadi penghubung asumsi mengerti dan bawah sadar. Anda sanggup mengingat mimpi Anda, sebab Anda punya gelombang alpha. Kabur atau mengerti sebuah mimpi yang sanggup Anda ingat, tergantung kualitas dan kuantitas gelombang Alpha terhadap sementara Anda bermimpi. Gelombang otak Alpha paling cocok untuk pemrograman bawah sadar.

Manfaat gelombang otak Alpha
  1. Meningkatkan kreatifitas dan kemampuan otak
  2. mampu memproduksi Hormon DHEA (Hormon Anti penuaan Dini, dan Peningkat Semangat) lebih banyak.

 

Sekian hal yang dapat kami bagikan mengenai Gelombang Otak.  Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar dan jangan lupa share jika anda terbantu dan informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen − 4 =