Arduino : Pengertian, Kemampuan, dan Bahasa Programnya

Arduino : Pengertian, Kemampuan, dan Bahasa Programnya – Belajar Arduino bagi pemula bisa dikatakan mudah, yah setidaknya lebih mudah dibandingkan belajar menggunakan mikrokontroller jenis lainnya. Arduino lebih cenderung diperuntukkan ke realisasi ide dalam bentuk alat sesuai dengan rancangan anda.

Arduino : Pengertian, Kemampuan, dan Bahasa Programnya

Pengertian Arduino

arduino 1

Pengertian Arduino adalah pengendali Mikro Single-Board yang bersifat Open-Source yang diturunkan dari Wiring Platform dan dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Fisik atau Hardware Arduino memiliki prosesor Atmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri.

Pengendali Mikro Single-Board adalah perangkat khusus dalam bentuk modul elektronik dan komponennya yang telah jadi dan siap pakai. Artinya Arduino dalam bentuk yang siap pakai tanpa perlu dirangkai dan solder. Sedangkan Open-Source adalah perangkat yang bebas dikembangkan oleh siapa saja dan dimana saja, terkhusus Arduino standar penggunaannya dapat dilihat di Arduino.cc .

Wiring Platform adalah platform elektronik Open-Source yang terdiri dari tiga komponen yaitu bahasa pemrograman, software IDE (Integrated Development Environtment), dan sebuah perangkat mikrokontroler. Arduino juga merupakan platform hardware terbuka untuk membuat purwarupa elektronik intraktif dengan Hardware dan Software yang fleksibel dan mudah digunakan. Mikrokontroler dengan Arduino memiliki kemiripan syntax dengan bahasa pemrograman C dan skemanya dapat diunduh, diedit dan membangunnya.

Selain software dan library yang open source, hardwarenya juga open source. Kita bisa mengunduh skema dan memodifikasinya.  Arduino menggunakan keluarga mikrokontroler ATMega yang dirilis oleh Atmel sebagai basis, namun ada individu/perusahaan yang membuat clone Arduino dengan menggunakan mikrokontroler lain dan tetap kompatibel dengan Arduino pada level hardware.

Kemampuan Arduino

Banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari Arduino, mulai dari yang mudah hingga yang sulit. Arduino diibaratkan sebagai otak, maka dalam menggunakannya tentu membutuhkan alat lainnya contohnya seperti sonsor. Berikut adalah beberapa kemampuan dan keahlian yang dapat dilakukan oleh Arduino :

  1. Pengganti fungsi PLC
  2. Membuat kontrol kecepatan kendaraan bermotor
  3. Sebagai Dimmer Motor AC, VSD, dan lampu
  4. Pangatur dan monitor suhu ruang dan kelembapan
  5. Sensor detak jantung dan deteksi gejala penyakit jantung
  6. Mengolah data GPS
  7. Menerima dan mengirim data ke internet dan SMS
  8. Pengkontrol peralatan yang terhubung secara online
  9. Otak robot
  10. Pengatur salinitas air laut
  11. Timer
  12. Membuat jam digital
  13. Wireless sensor network
  14. Membuat CNC dan 3D printer
  15. Pembangkit sinyal RF dan komunikasi WIFI
  16. Robot line follower
  17. Quadcopter

dan masih banyak hal lainnya yang mampu dilakukan Arduino sesuai dengan rancangan atau rencana anda.

Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman yang digunakan Arduino adalah bahasa pemrograman C. Bahasa C mungkin tidak akan asing bagi yang pernah menggunakan bahasa pemrograman C, C++, Java, PHP dan Javascript. Tetapi, bahasa pemrograman pada Arduino memiliki fungsi khusus yang hanya berlaku di Arduino saja seperti pinMode(), digitalWrite(), dan lain-lain. Bahasa pemrograman Arduino relatif sedikit, bagi yang pernah belajar bahasa pemrograman C, akan bisa belajar lebih cepat.

Sekian hal yang dapat kami bagikan mengenai Arduino : Pengertian, Kemampuan, dan Bahasa Programnya. Jika masih ada hal yang ingin diketahui silahkan tinggalkan jejak pada kolom komentar. Jangan lupa share jika anda terbantu dan informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × one =