Cloud Computing : Pengertian, Manfaat, Cara Kerja

Cloud Computing : Pengertian, Manfaat, Cara Kerja  – Sistem teknologi informasi berdasarkan komputasi awan ini adalah teknologi yang membuat internet sebagai server pusat untuk pengelolaan data dan pengguna aplikasi. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk menjalankan program tanpa instalasi dan memungkinkan pengguna untuk mengakses data pribadi mereka melalui komputer dengan akses internet.

Cloud Computing : Pengertian, Manfaat, Cara Kerja dan Contoh

Pengertian Cloud Computing.

Cloud computing mungkin masih samar terdengar bagi orang awam. Tetapi keberadaan cloud computing di era digital kini sebenarnya sudah merasa di sedang masyarakat dalam kehidupan sehari hari layaknya pemanfaatan e-mail dan terhitung sarana sosial.

Secara umum, definisi cloud computing (komputasi awan) merupakan kombinasi pemakaian teknologi pc (komputasi) di dalam suatu jaringan bersama dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menggerakkan program atau aplikasi lewat pc – pc yang terkoneksi pada pas yang sama, tetapi tak seluruh yang terkonekasi lewat internet pakai cloud computing.

Manfaat Cloud Computing

1.Semua Data Tersimpan Secara Terpusat

Salah satu keistimewaan teknologi cloud adalah memungkinkan pengguna untuk menyimpan information secara terpusat di satu server berdasarkan layanan yang di sediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing itu sendiri. Selain itu, pengguna juga tak wajib repot repot kembali sediakan infrastruktur layaknya information center, sarana penyimpanan/storage dan sebagainya karena semua sudah ada secara virtual.

2.Keamanan Data

Keamanan data pengguna dapat disimpan dengan aman lewat server yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing seperti jaminan platform teknologi, jaminan ISO, data pribadi, dll.

3.Fleksibilitas dan Skalabilitas yang Tinggi

Cloud menawarkan teknologi fleksibilitas dengan kemudahan akses ke data kapan dan di mana kita menemukan catatan bahwa pengguna (user) yang terhubung ke Internet. Selain itu, pengguna dapat dengan mudah menambah atau mengurangi kapasitas penyimpanan data tanpa perlu membeli peralatan tambahan, seperti hard drive. Bahkan, salah satu dari profesional IT terkenal di dunia, mendiang Steve Jobs mengatakan pembelian memori fisik untuk menyimpan data seperti hard drive adalah bahwa hal itu sia-sia jika kita bisa menyimpan / virtual melalui internet.

4.Investasi Jangka Panjang

Penghematan biaya akan pembelian inventaris seperti infrastruktur, hardisk, dll akan berkurang dikarenakan pengguna akan dikenakan biaya kompensasi rutin per bulan sesuai dengan paket layanan yang telah disepakati dengan penyedia layanan Cloud Computing. Biaya royalti atas lisensi software juga bisa dikurangi karena semua telah dijalankan lewat komputasi berbasis Cloud.

Cara Kerja Sistem Cloud Computing

Sistem Cloud bekerja pakai internet sebagai server didalam mengolah data. Sistem ini amat mungkin pengguna untuk login ke internet yang tersambung ke program untuk menggerakkan aplikasi yang dibutuhkan tanpa jalankan instalasi.

Infrastruktur layaknya tempat penyimpanan knowledge dan terhitung instruksi/perintah berasal dari pengguna disimpan secara virtual melalui jaringan internet sesudah itu perintah – perintah selanjutnya dilanjutkan ke server aplikasi.

Setelah perintah di terima di server aplikasi sesudah itu knowledge diproses dan pada sistem final pengguna bakal di sajikan bersama halaman yang telah diperbaharui cocok bersama instruksi yang di terima sebelumnya agar pembeli mampu merasakan manfaatnya.

Contohnya lewat penggunaan email seperti Yahoo ataupun Gmail. Data di beberapa server diintegrasikan secara international tanpa perlu mendownload software untuk menggunakannya. Pengguna hanya memerlukan koneksi internet dan semua data dikelola langsung oleh Yahoo dan juga Google. Software dan juga memori atas data pengguna tidak berada di computer tapi terintegrasi secara langsung lewat proses Cloud memanfaatkan computer yang mengakses ke internet.

 

Sekian hal yang dapat kami bagikan mengenai Cloud Computing. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar dan jangan lupa share jika anda terbantu dan informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ten + nine =