Compiler (Kompilator)

Compiler (Kompilator) – Komputer punya bahasanya sendiri yang biasa disebut bersama dengan bahasa mesin. Bahasa mesin adalah seperangkat instruksi dan juga data yang bisa dieksekusi secara langsung oleh prosesor komputer. Bahasa Mesin ialah tingkatan yang paling rendah dari bahasa pemrograman (misal bahasa Assembly) dan biasanya dipakai sebagai tujuan kompilasi oleh kompiler terhadap bahasa bahasa pemrograman yang lain terhadap tingkatan yang lebih tinggi (bahasa pemrograman tingkat tinggi misal bahasa C++, Pascal, Visual Basic, COBOL, atau Java).

Compiler (Kompilator)

Pengertian Compiler (Kompilator)

Compiler atau Kompilator merupakan sebuah program komputer yang berguna untuk menerjemahkan program komputer yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu menjadi program yang di tulis dalam bahasa pemrogrman lain contohnya adalah C++.

Compiler atau Kompilator adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat perubahan Source Code / kode pemrograman jadi bahasa mesin sehingga sanggup dijalankan oleh komputer.

Istilah Compiler biasanya digunakan untuk program komputer yang menerjemahkan program yang ditulis di dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi (Contoh bahasa C++, Pascal, FORTRAN, Visual C#, COBOL, Visual Basic, Java, atau xBase) diterjemahkan jadi bahasa mesin, kebanyakan manfaatkan bahasa Assembly sebagai perantara. Salah satu perumpamaan Compiler di dalam Bahasa C++ adalah Visual C++, GNU Compiler Collection (GCC) dan Borland C++.

Dalam proses yang ada di Compiler, bahasa pemrograman yang programer tulis akan diterjemahkan oleh perangkat lunak (Compiler / Kompilator) ke dalam bahasa mesin sehingga komputer bisa melaksanakannya dan juga para programer dimudahkan untuk memberi perintah. Jika pemrograman komputer dikerjakan secara langsung di bahasa mesin menggunakan bahasa 1 dan 0. Bisa dibilang akan sangat lama, membosankan, sulit dipahami dan beresiko akan kesalahan pengetikan dan penerjemahan. Untuk membuat semua itu lebih mudah, diciptakanlah Compiler / Kompilator.

Kompilator modern biasanya bukan lagi merupakan program tunggal akan tetapi merupakan rangkaian komunikasi antar program dengan tugas yang spesifik. Program-program tersebut secara umum terdiri atas:

  1. Kompilator, bertugas menerima kode sumber dan menghasilkan bahasa tingkat rendah (bahasa assembly)
  2. Linker, berfungsi menerima berkas objek keluaran assembler yang kemudian digabungkan dengan pustaka-pustaka yang diperlukan dan menghasilkan program yang bisa dieksekusi (executable), Linker juga disebut sebagai suatu program yang menterjemahkan program objek (bereksention OBJ) ke bentuk program eksekusi (berekstension EXE atau COM)
  3. Assembler, yang menerima keluaran kompilator dan menghasilkan berkas objek dalam bahasa mesin
  4. Kompilator modern yang memakai arsitektur ini adalah FreeBASIC, Clang dan GCC.

Pengertian IDE (Integrated Development Environment)

Integrated Development Environment (IDE), yakni layanan yang dibutuhkan oleh para programmer di dalam pembangunan program, IDE sediakan seluruh layanan yang terlampau menunjang di dalam mempermudah pembuatan Program. IDE merupakan area di mana para programmer menulis (meng-coding) dan melaksanakan konfigurasi dengan mudah terhadap program mereka.

Tujuan dari IDE sendiri ialah untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan untuk membuat sebuah perangkat lunak. Suatu IDE secara bebas dapat diterjemahkan sebagai Lingkungan Pengembangan Terpadu, sebuah IDE setidaknya mempunyai fasilitas sebagai berikut:

  1. Compiler / Kompilator merupakan fasilitas untuk mengecek sintaks dari kode sumber yang kemudian merubahnya ke bentuk binari yang sesuai dengan bahasa mesin.
  2. Debuger, yaitu fasilitas untuk mengetes jalannya program, untuk mencari bug/kesalahan yang terdapat dalam program.
  3. Linker merupakan fasilitas (suatu program yang) yang menerima berkas objek keluaran assembler untuk kemudian digabungkan dengan pustaka-pustaka yang diperlukan dan menghasilkan program yang siap dieksekusi (executable).
  4. Editor, yaitu fasilitas untuk menuliskan kode sumber dari perangkat lunak.

Pada langkah tertentu IDE moderen sanggup membantu menambahkan anjuran untuk mempercepat penulisan code program (coding). Pada saat penulisan kode, IDE sanggup memberitahu bagian-bagian yang punya kandungan kesalahan / error / kecurigaan (misal mengfungsikan IDE Android Studio).

Perlu diketahui bahwa Compiler dan IDE merupakan 2 hal yang berbeda, bisa dikatan bahwa Compiler merupakan yang menterjemahkan source code program yang ditulis ke dalam bahasa mesin. Compiler sudah built-in atau sudah menyatu dengan IDE, hal ini menyebabkan banyak orang merasa kebingungan untuk membedakan antara Compiler dan IDE. IDE “hanya” sebagai tempat menuliskan dan melakukan berbagai macam konfigurasi terhadap program yang dibuat termasuk salah satunya yaitu melakukan pemilihan Compiler yang akan digunakan.

Sekian hal yang dapat kami bagikan mengenai Compiler (Kompilator). Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar dan jangan lupa share jika anda terbantu dan informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × 1 =