Definisi Fintech: Apa Itu Fintech?

National Digital Research Centre di Dublin, Irlandia menggambarkan Financial Technology (Fintech) sebagai inovasi dalam layanan keuangan. Dari definisi tersebut Financial Technology (Fintech) dapat menyasar segment ritel hingga perusahaan. Sedangkan menurut National Digital Research Centre, Fintech merupakan istilah yang digunakan sebagai inovasi dalam bidang jasa keuangan atau finansial.

Jenis Financial Technology (Fintech) berupa startup pembayaran, peminjaman, personal finance, investasi, pembiayaan, remitasi hingga riset keuangan.

Fintech sangat membantu dalam bidang jasa keuangan, mulai dari metode pembayaran, pengumpulan dana, pinjaman hingga pengelolaan aset dapat dipercepat dan dipermudah dengan teknologi ini. Maka dari hal tersebut jika Fintech cepat berkembang dan eksis sebagai gaya hidup, khususnya bagi orang-orang yang bergelut dalam bidang perekonomian.

Perkembangan dan Manfaat Fintech di Tengah Masyarakat

Fintech membantu perkembangan perusahaan start up baru

FINTECH TEKNOLOGI

Munculnya perusahaan-perusahaan yang menciptakan inovasi di bidang Fintech. Misalnya Moneythor, Moneythor memberikan analisis keuangan perusahaan dengan detail dan rici lengkap dengan target pertumbuhannya.

Fintech dapat meningkatkan taraf hidup

Keberadaan Fintech tidak hanya sebagai sebuah inovasi dengan sejuta manfaat, Fintech juga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat serta daya beli pasaran. Misalnya pada retail ataupun merchant yang menyediakan sistem pembayaran dengan kartu debit dan kredit dengan biaya rendah.
Untuk Asia Tenggara keberadaan Fintech memiliki peran penting dalam upaya pengentasan kemiskinan hingga 600juta jiwa dengan membuka lapangan kerja hingga meminimalisir kerugian dan penipuan.

Fintech dapat merangsang angka perkembangan bitcoin

Dengan adanya Fintech sebanyak 2.5 milyar lebih user bitcoin tidak perlu khawatir dalam transaksi, meskipun tanpa memiliki akun bank proses pengiriman uang, pembayaran dan transaksi lain dapat mereka lakukan tanpa masalah. Hal inilah yang memicu perkembangan angka Bitcoin.

Fintech dapat mengurangi jumlah pinjaman yang berbunga tinggi

Fintech menawarkan sistem peminjaman uang yang transparant dan dapat dinikmati semua masyarakat, sehingga mencegah pemberian bunga pinjaman yang tinggi. Perbedaan penggunaan Fintech dengan tidak menggunakan Fintech sangat terasa bagi pihak peminjam.
FINTECH
Di negara kita Indonesia untuk saat ini semakin banyak jumlah investasi Fintech yang terjadi. Berikut ini adalah beberapa contoh perusahaan atau aplikasi yang bergulat dibidang Fintech :
*NOTE : Penyebutan merek pada artikel hanya bertujuan sebagai sarana edukasi.
HaloMoney
HaloMoney
HaloMoney  merupakan bagian dari Compare Asia Group yang juga beroperasi di Hong Kong, Filipina, Taiwan, Thailand, Malaysia dan Singapur. HaloMoney adalah situs  yang menyediakan perbandingan antara produk-produk keuangan. Misalnya asuransi, broadband, perbankan dan pinjaman dengan tujuan agar penggunanya dapat mengontrol finansial mereka.
Bareksa
Bareksa
PT. Bareksa Portal Investasi pada tahu n2013 meluncurkan Bareksa.com sebagai pelayanan data dan investasi, berita dan informasi, pusat belajar dan komunitas investor. Selain itu Bareksa.com juga menjadi sarana bagi pengguna untuk menjual reksa dana secara online hingga untuk berinvestasi.
CekAja
CekAja

 

CekAja berlokasi di Jakarta dibawah kepemilikan Compare88 Group Pte. dengan menawarkan perbandingan untuk hipotik, pembiayaan kendaraan, asuransi kendaraan, asuransi properti, asuransi jiwa, dan produk asuransi elektronik, dan membantu pelanggan mendaftar untuk layanan terkait. Selain itu, situs ini berfokus pada perbandingan produk keuangan yang berfokus pada akurasi, keamanan, dan kesederhanaan dengan mengikuti prinsip-prinsip Islam.
Doku
Doku
PT. Nusa Satu Inti Artha meluncurkan Doku pada tahun 2007. Doku menawarkan pelayanan pembayaran dan manajemen risiko dengan basis elektronik, Doku memiliki pertumbuhan tercepat dan terbesar di Indonesia. Sekitar 800 perusahaan di Indonesia dapat kita akses untuk transaksi pembayran melalui Doku. 
Veritrans
Veritrans
Veritrans mengoperasikan online payment gateway, yang mendukung e-commerce Indonesia. Veritrans dapat melakukan pembayaran melalui kartu kredit, debit langsung (Mandiri Clickpay, CIMB Clicks, e-Pay BRI), transfer bank (Permata Virtual Account, Mandiri Bill Payment), Indomaret, dan dompet digital (T-cash, XL Tunai, BBM Money, Indosat Dompetku, Mandiri eCash).
Kartuku
Kartuku
PT Multi Adiprakarsa Manunggal merupakan perusahaan Fintech tertua di Indonesia yang pada tahun 2001 menghadirkan Kartuku. Kartuku adalah Third Party Processor (TPP) and Payment Service Provider (PSP) menawarkan produk perangkat keras seperti terminal pembayaran, peralatan jaringan akses, dan printer kartu dan encoders, dan solusi perangkat lunak seperti transaction processing switch, Internet payment gateway, smart card applications, and terminal line encryption.
NgaturDuit.com
NgaturDuit.com

 

Penganggaran, Pelaporan Biaya, Monitoring Portofolio Investasi Dan Konsultasi Gratis dapat dilakukan dengan jasa dari NgaturDuit.com ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen − five =