EFEK RUMAH KACA : Proses, Dampak, Contoh

EFEK RUMAH KACA : Proses, Dampak, Contoh – Efek rumah kaca bermula dari sinar matahari yang terpantul oleh berbagai objek di bumi. Sinar matahari yang dipantulkan menyebabkan kerusakan ozon. Ozon dengan fungsi utama yaitu untuk menghambat cahaya matahari yang ada di atmosfer.

EFEK RUMAH KACA : Proses, Dampak, Contoh

Proses Terjadinya Efek Rumah Kaca

Bila susunan ozon yang terdapat di atmosfer bumi menurun sehingga temperatur di bumi akan naik secara terus menerus. Bila temperatur di bumi naik maka bumi akan berubah jadi dingin. Keadaan tersebut akan jadi bertambah buruk, sebab karbondioksida yang terdapat di bumi. Karena bisa menahan pantulan cahaya matahari sehingga temperatur di bumi juga akan semakin bertambah.

Untuk menjauhi lapisan ozon yang rusak di lapisan atmosfer bumi, maka kita wajib kurangi konsumsi bermacam perlengkapan ataupun bahan yang bisa menciptakan CO2 ataupun karbondioksida. Hal itu juga bahkan dapat menyebabkan kehancuran pada lapisan ozon yang lain. Proses terbentuknya dampak rumah kaca diawali dari matahari yang hendak memancarkan sinarnya dalam wujud radiasi ultraviolet ke bumi, yang hendak diterima oleh bumi dan setelah itu dipantulkan kembali dalam wujud radiasi inframerah. Cahaya matahari akan masuk ke bumi sebagai panas, kemudian setelah itu sebagian sinarnya akan dipantulkan ke angkasa oleh permukaan bumi.

Sebagian yang lain akan diserap baik oleh permukaan bumi yang warnanya agak hitam maupun oleh gas rumah kaca, yang telah terkandung di dalam atmosfer. Gas rumah kaca ini berperan seperti benda hitam, yang di mana sinar yang tiba hendak dipantulkan kembali bagaikan panas. Semakin banyak kandungan ataupun konsentrasi gas ini, maka akan terus menjadi banyak panas yang dilepaskan. Maka dari itu maka semakin panas jugalah suhu di bumi, oleh sebab itu munculah efek rumah kaca yang selama ini menjadi kasus penting di bumi.

Akibat Efek Rumah Kaca

1.Perubahan iklim yang ekstrem

Wilayah yang cenderung hangat akan jadi lembab, sebab terdapat lebih banyak air yang menguap di lautan. Perihal itu diakibatkan oleh uap air yang merupakan gas pada rumah kaca, sehingga keberadaannya akan menimbulkan meningkatnya dampak insulasi pada atmosfer. Uap air yang banyak pula akan membentuk awan yang lebih banyak. Kemudian setelah itu akan memunculkan pantulan sinar matahari akan kembali ke luar angkasa, yang di mana hal itu akan menurunkan proses pemanasan. Kelembapan yang sangat besar akan meningkatkan curah hujan, badai yang semakin kering, serta air akan lebih cepat menguap dari dalam tanah.

2.Meningkatnya permukaan air laut

Salah satu dampak atau akibat dari pemanasan global atau efek rumah kaca ini, adalah meningkatnya permukaan air laut. Sebanyak 2,7% lapisan es di benua artik berkurang tiap dekade dan temperatur rata-rata global semakin meningkat, dengan kedalaman minimal pada 300 meter saja. Perubahan tinggi rata-rata muka laut diukur dari daerah dengan lingkungan yang lebih stabil, secara geologi. Lalu ketika atmosfer menghangat lapisan air laut juga akan ikut menghangat, maka volumenya membesar dan membuat tingginya permukaan air laut.

3.Meningkatnya suhu global

Pemanasan yang berlangsung pada sistem iklim bumi jadi hal yang sangat terasa, bersamaan dengan banyaknya fakta menimpa pengamatan kenaikan temperatur hawa dan laut, pencairan salju dan juga es di berbagai tempat di dunia, dan kemudian naiknya permukaan laut global. Pergantian ini sudah diukur oleh para ilmuwan, dengan mengukur atmosfer, lautan, permukaan es, serta gleteser yang menampilkan bahwa saat ini bumi sudah mengalami pemanasan akibat dari adanya emisi gas rumah kaca di masa lalu.

4.Gangguan ekologis

Dalam pemanasan global, dan hewan cenderung untuk bermigrasi ke arah kutub atau es di pegunungan. Tanaman juga mengubah arah pertumbuhan, untuk mencari daerah habitat baru menjadi lebih hangat. Spesies akan bergerak ke selatan dan utara akan terhambat oleh kota-kota dan lahan pertanian, yang dapat mati. Beberapa jenis spesies yang tidak mampu bergerak cepat menuju kutub bahkan bisa hancur.

5.Dampak sosial dan politik

Ke empat dampak diatas menimbulkan munculnya penyakit yang berhubungan dengan panas, adanya penyebaran penyakit yang melalui air, adanya penyebaran penyakit melalui vector, bahkan sampai yang terparah yaitu kematian. Suhu yang panas juga mengakibatkan gagal panen, sehingga munculah kelaparan dan malnutrisi.

Sekian hal yang dapat kami bagikan mengenai  Efek Rumah Kaca : Proses, Dampak, Contoh. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar dan jangan lupa share jika anda terbantu dan informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 − three =