Era Revolusi Industri 4.0 : 9 Macam Pilar Teknologinya

Era Revolusi Industri 4.0 – Fenomena era Revolusi Industri 4.0 tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga, mengingat betapa cepat perkembangan teknologi dan informasi yang terjadi di Indonesia.

Sekilas Tentang Revolusi Industri 4.0

Revolusi Industri 4.0 merupakan fenomena yang mengkolaborasikan teknologi cyber dan teknologi otomatisasi. Konsep penerapannya berpusat pada konsep otomatisasi yang dilaksanakan oleh teknologi tanpa perlu tenaga kerja manusia didalam proses pengaplikasiannya. Hal selanjutnya tentu saja meningkatkan nilai efisiensi pada suatu lingkungan kerja di mana manajemen sementara dianggap sebagai suatu hal yang vital dan terlalu dibutuhkan oleh para pemain industri. Selain itu, manajemen sementara yang baik secara eksponensial akan berdampak pada kualitas tenaga kerja dan cost produksi.

Contoh konkrit yang mampu disita dari pemakaian teknologi terhadap bidang industri adalah sistem pembukuan dan produksi yang kini udah mampu dengan enteng dibuka oleh siapa saja dan kapan saja. Terlepas dari peran teknologi dalam bidang industri, manfaatnya termasuk mampu didapatkan oleh seluruh susunan masyarakat. Saat ini, pengambilan dan pertukaran Info mampu dengan enteng dilaksanakan kapan saja dan di mana saja melalui jaringan internet.

Dalam Revolusi Industri 4.0, akan ada 9 teknologi yang akan menjadi pilar utama untuk mengembangkan sebuah industri biasa menuju industri yang siap digital. dan diantaranya adalah:

 

1.Internet of Things (IoT)

Jadi Internet of Thing (IoT) adalah sebuah rancangan di mana suatu objek yang punya kebolehan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan pertalian manusia. Salah satu misal produknya adalah jarvis yang sanggup mematikan lampu saat sudah pagi hari.

 

2.Big Data

Big Data adalah istilah yang melukiskan volume knowledge yang besar, baik knowledge yang terstruktur maupun knowledge yang tidak terstruktur. Big Data udah digunakan dalam banyak bisnis dan sanggup menolong pilih arah bisnis. Misal, dapat mengirimkan e mail promo renewal untuk pelanggan yang punyai jatuh tempo pembayaran.

 

3.Argumented Reality

Argumented Reality (AR), adalah teknologi yang mengkombinasikan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke didalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lantas memproyeksikan benda-benda maya berikut didalam waktu nyata.

 

4.Cyber Security

Cyber security adalah upaya untuk melindungi informasi dari adanya cyber attack. Cyberattack dalam operasi informasi adalah semua jenis tindakan yang sengaja dilakukan untuk mengganggu kerahasiaan (confidentiality), integritas (integrity), dan ketersedian (availability) informasi. Misal, memberikan fitur SSL Certificate, Bit Ninja, Dan Firewall di setiap paket hosting untuk melindungi data pelangan dari serangan hacker.

 

5.Artifical Intelegence

Merupakan sebuah teknologi komputer atau mesin yang memiliki kecerdasan layaknya manusia. Dan bisa diatur sesuai keinginan manusia. Fungsi utama dari AI adalah kemampuannya untuk mempelajari data yang diterima secara berkesinambungan. Semakin banyak data yang diterima dan dianalisis, semakin baik pula AI dalam membuat prediksi.

 

6.Addictive Manufacturing

Additive manufacturing merupakan terobosan baru di industri manufaktur yang sering dikenal pakai printer 3D.Dalam era digital selagi ini, gambar desain digital yang sudah dibuat bisa diwujudkan jadi benda nyata bersama ukuran dan wujud yang mirip bersama desain sesungguhnya atau bersama skala tertentu.

 

7.Simulation

Model mewakili sistem itu sendiri, sedangkan simulasi mewakili operasinya dari waktu ke waktu. Simulasi digunakan dalam banyak konteks, seperti simulasi teknologi untuk optimalisasi kinerja, teknik keselamatan, pengujian, pelatihan, pendidikan, dan video game.

 

8.System Integeration

Sistem integrasi atau integrated system merupakan urutan yang menghubungkan sebagian sistem bagi secara fisik maupun fungsional. Sistem ini dapat mencampurkan komponen sub sistem didalam satu sistem yang menanggung tiap tiap manfaat bisa berfungsi sebagai kesatuan dari sebuah sistem.

 

9.Cloud Computing

Komputasi awan (cloud computing) adalah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat pengelolaan knowledge dan aplikasi, di mana pengguna komputer diberikan hak akses (login) terhubung server virtual untuk sanggup konfigurasi server melalui internet. Seperti jagoan Hosting yang menyediakan server virtual sehingga sanggup digunakan untuk memicu situs online untuk dibuka user di internet.

 

Sekian hal yang dapat kami bagikan mengenai 9 Macam Teknologi Yang Akan Menjadi Pilar Utama Dalam Perkembangan Revolusi Industri 4.0. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar dan jangan lupa share jika anda terbantu dan informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × four =