Fiber Optik : Komponen, Prinsip, Kelebihan dan Kekurangannya

Fiber Optik : Komponen, Prinsip, Kelebihan dan Kekurangannya – Fiber Optic adalah jenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus, kabel serat optik dapat mengirimkan sinyal cahaya dari satu lokasi ke lokasi lain dengan kecepatan tinggi menggunakan refraksi cahaya sebagai prinsip kerjanya. Sumber cahaya yang digunakan adalah laser atau LED. Serat optik telah menjadi komponen utama dari bidang telekomunikasi.

Fiber Optik : Komponen, Prinsip, Kelebihan dan Kekurangannya

Komponen Fiber Optik

Fiber optik terbuat dari berbagai komponen –komponen penyusun dengan fungsinya masing – masing. Berikut penjelasan singkat mengenai komponen fiber optik :

1.Bagian Inti (Core)

Inti Fiber Optik terbuat dari bahan kaca berdiameter sangat kecil sekitar 2 mikrometer sampai 50 mikrometer. Ukuran diameter serat kabel optik berbanding lurus dengan performanya, diameter serat optik yang lebih besar akan membuat performa yang lebih baik dan stabil.

2.Bagian Cladding

Bagian cladding adalah bagian pelindung yang menyelimuti serat kabel optik dengan ukuran diameter 5 mikrometer sampai 250 mikrometer. Cladding terbuat dari silikon yang komposisi bahannya berbeda dengan bagian core. Fungsi lain cladding adalah memandu gelombang cahaya yang merefleksikan semua cahaya tembus kembali kepada core.

3.Bagian Coating / Buffer

Bagian coating adalah mantel dari serat optik yang tidak sama dengan bahan cladding dan core. Coating atau Buffer berfungsi sebagai lapisan pelindung semua gangguan dan resiko fisik yang mungkin terjadi, misalnya lengkungan pada kabel, kelembaban udara dalam kabel. Lapisan coating ini terbuat dari bahan plastik yang elastis.

4.Bagian Strength Member & Outer Jacket

Lapisan ini merupakan pelindung utama dari seluruh komponen kabel optik, lapisan ini adalah lapisan terluar dari kabel fiber optik yang melindungi inti kabel dari berbagai gangguan fisik secara langsung.

Prinsip Kerja Fiber Optik

Prinsip kerja fiber optik pada umumnya sama saja dengan kabel pada umumnya. Yang berbeda adalah fiber optik memakai aliran cahaya yang dikonversikan dari aliran listrik sehingga tidak akan terganggu oleh adanya gelombang elektromagnetik.

Fiber optik menggunakan serat kaca sebagai bahan penyusunnya untuk memperoleh refleksi ataupun pantulan sinar total yang tinggi dari cermin tersebut sehingga data akan ditransmisikan dengan cepat pada jarak yang tidak terbatas. Pantulan tersebut didapatkan lewat cahaya yang berjalan pada serat kaca dengan sudut yang rendah.

Tidak hanya itu, dalam proses kerjanya, efisiensi dari pantulan cahaya dipengaruhi oleh kemurnian bahan fiber optik dimana semakin murni bahan gelas yang digunakan hingga penyerapan cahaya yang semakin sedikit oleh fiber optik. Sedikitnya penyerapan tersebut akan menciptakan pantulan sinar yang tinggi.

Kelebihan dan Kekurangan Fiber Optik

1.Kelebihan Fiber Optik
  • Mempunyai kecepatan transmisi yang besar dengan kapasitas mencapai 1 GB/ detik
  • Bisa mentransmisikan data dengan jarak yang cukup jauh tanpa adanya dorongan penguat sinyal
  • Bahannya terbuat dari kaca dan plastik sehingga tahan terhadap karat
  • Dimensi kabel sangat kecil dan fleksibel
  • Kabel ini memakai gelombang sinar sehingga tidak tersendat oleh terdapatnya gelombang elektromagnetik seperti gelombang radio
  • Fiber optik tidak mempunyai aliran listrik sehingga menghindari terjadinya kebakaran akibat konsleting
  • Mempunyai keamanan besar karena sedikit distorsi
2.Kekurangan Fiber Optik
  • Bayaran instalasi dan perawatan cenderung lebih mahal daripada jenis kabel lainnya
  • Memerlukan sumber cahaya yang kuat
  • Kabel harus dipasang dengan jalur berbelok untuk memaksimalkan kecepatan dan kelancaran transmisi cahaya

Sekian hal yang dapat kami bagikan mengenai Fiber  Optik : Komponen, Prinsip, Kelebihan dan Kekurangannya. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar dan jangan lupa share jika anda terbantu dan informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 2 =