Fiber Optik : Pengertian, Jenis dan Fungsinya

Fiber Optik : Pengertian, Jenis dan Fungsinya – Fiber Optik merupakan tipe kabel yang dibuat dari kaca maupun plastik yang sangat halus, serta digunakan sebagai media transmisi karena sanggup mentransmisikan sinyal sinar dari sesuatu posisi ke posisi yang lain dengan kecepatan tinggi.

Fiber Optik : Pengertian, Jenis dan Fungsinya

Pengertian Fiber Optik

Dalam KBBI Fiber Optik Atau Serat Optik adalah serat yang dibuat dari bahan khusus terbuat dari fiber sehingga dapat menyalurkan cahaya dari ujung yang satu ke ujung lainnya walaupun serat tersebut dibelokkan

Ukuran fiber optik hanya berkisar dengan diameter 120 mikrometer yang bahkan lebih kecil dari sehelai rambut. Komponen jaringan ini memiliki kecepatan transmisi yang tinggi dengan menggunakan pembiasan cahaya sebagai prinsip kerjanya. Sumber sinar yang digunakan buat proses transmisi merupakan laser ataupun LED. Fiber optik  cukup populer dalam bidang telekomunikasi akhir-akhir ini dikarenakan kecepatan akses yang tinggi sehingga ideal digunakan sebagai saluran komunikasi.

Jenis-Jenis Kabel Fiber Optik

1.Fiber Optik Single Mode

Kabel Fiber Optik Single Mode yaitu kabel jaringan dengan transmisi tunggal sehingga hanya dapat mentransfer lewat satu inti dalam suatu waktu. Ukuran fiber optik ini berdiameter sekitar 9 mikrometer dengan panjang gelombang 1300-1550 nanometer.

2.Fiber Optik Multimode

Kabel Fiber Optik Multimode merupakan kabel dengan transmisi multi yang dapat mentransfer banyak cahaya dalam satu waktu. Ukuran tipe ini berdimater sekitar 625 mikrometer dengan panjang sinar inframerah 850-1300 nanometer.

Fungsi Fiber Optik

Sama seperti kabel lainnya, fiber optik berfungsi untuk menghubungkan antar komputer dalam suatu jaringan komputer. Letak perbandingan antara fiber optik dengan tipe kabel yang lain yakni kemampuannya dalam membagikan kecepatan tinggi dalam hal akses serta transfer informasi. Tidak hanya itu, serat optik pula tidak mengalami kendala elektromagnetik seperti halnya kabel yang lain sebab pada kabel ini tidak ada arus listrik.

Tidak hanya karena kelebihan fiber optik tersebut proses instalasi juga wajib dicoba oleh para pakar sehingga membuat bayaran instalasinya jadi lebih mahal. Pada biasanya industri operator telekomunikasi lebih memilah mengenakan kabel fiber optik sebab bermacam kelebihannya tersebut.

Sekian hal yang dapat kami bagikan mengenai Fiber Optik : Pengertian, Jenis dan Fungsinya. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar dan jangan lupa share jika anda terbantu dan informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × 4 =