Jenis-jenis Drone

Drone adalah sebuah alat yang dilengkapi dengan teknologi canggih berupa kendaraan udara mini menyerupai pesawat terbang atau helicopter yang tak berawak atau tanpa pilot dikendalikan melalui remote control.

Drone awalnya hanya digunakan untuk kegiatan kemiliteran saja, namun seiring dengan semakin canggihnya dunia teknologi sehingga drone kini dapat dinikmati semua masyarakat secara komersil. Pemerintah diberbagai negara juga menggunakan drone untuk menghubungkan pihak intelejen dengan pihak pertahanan mereka.

Di saat sekarang ini kata “Drone” sudah tidak asing lagi bagi masyarakat, namun yang terbayang kebanyakan adalah drone yang digunakan untuk mengambil foto atau video. Ternyata drone itu memiliki berbagai jenis dan fungsi, spesifikasinya pun beragam mulai dari penggunaan tenaga surya hingga menggunakan sensor. Nah hal ini yang akan kita bahas Jenis-jenis Drone di artikel kali ini.

Jenis-jenis Drone Berdasarkan Jumlah Baling-Baling

 

I. Double copter

 


Drone yang dilengkapi 2 motor dan baling-baling . Dibandingkan dengan jenis lainnya, jenis ini yang paling kurang stabil.


II. Tricopter

 


Drone yang dilengkapi 3 motor dan baling-baling . Kebanyakan desain Tricopter berbentuk ringkih dan tipis, namun karena minimnya jumlah baling-baling Tricopter terbilang kurang stabil.

III. Quadcopter

Drone yang dilengkapi 4 motor dan baling-baling . Diluar dari jumlah baling-baling yang lebih banyak dari Tricopter, untuk kestabilan drone dapat kita tinjau lagi dari merk drone.



IV. Hexacopter

 

Drone yang dilengkapi 6 motor dan baling-baling . Hexacopter masih tergolong dari segi penggunanya. Meski 1-2 baling-balingnya mati Hexacopter masih bias stabil terbang.



V. Octocopter

 

Drone yang dilengkapi 8 motor dan baling-baling. Dilengkapi dengan 8 baling-baling Octocoper adalah jenis drone terstabil.



Jenis Drone Berdasarkan Kegunaannya

 

1. SolarEagle

 

Double copter


Drone ini hanya digunakan untuk kegiatan kemiliteran saja, negara yang memakainya seperti Amerika Serikat. SolarEagle mendapatkan sumber tenaga melalui sinar matahari.



2. Global Hawk

 

Global Hawk


Sama dengan SolarEagle, Global Hawk juga digunakan untuk kegiatan kemiliteran. Global Hawak digunakan untuk keperluan memantau kerusakan pada reactor nuklir.



3. Predator

 

Predator


Predator banyak digunakan oleh militer Amerika serikat untuk memonitor operasi militer di daerah-daerah tertentu dan memonitori daerah rawan yang dapat membahayakan stabilitas negara. Predator dapat melaju hingga kecepatan 160 kilometer perjam dan dilengkapi dengan system persenjataan.



4. Copter

 

Copter


Copter digunakan untuk keperluan fotografi dan perekaman video dengan bentuk menyerupai helicopter.


5. Minidrone

 

Minidrone


Minidrone diperuntukkan untuk mainan dengan harga yang dibanderol murah.



Jenis Drone Berdasarkan Pengguna

 

a. Drone Konsumer

 

Drone Konsumer


Drone consumer kebanyakan digunakan untuk kebutuhan hobi dan fotografi. Drone jenis ini pada umumnya dilengkapi dengan kamera resolusi tinggi untuk hasil gambar dan video yang baik.



b. Drone Profesional

 

Drone Profesional


Hampir sama dengan Drone Konsumer namun Drone Profesional lebih dilengkapi dengan kemampuan yang jauh lebih tinggi. Peningkataan pada kemampuan resolusi kamera, jangkauan terbang, kapasitas baterai dan fitur tambahan yang superior.


c. Drone Militer

 

Drone Militer


Sesuai dengan namanya, drone jenis ini dikhususkan untuk keperluan militer. Drone UAV Predator dan Reaper adalah jenis yang paling umum digunakan, di Indonesia drone yang digunakan seperti Puna Sriti, Puna Alap-alap, Puna Gagak, Puna Pelatuk, dan Puna Wulung.



d. Drone Industrial

 

Drone Industrial


Drone Industrial adalah lanjutan peningkatan dari Drone professional dengan teknologi multirotor atau berbaling-baling banyak yang biasanya di atas 4. Drone industrial umumnya digunakan untuk keperluan industry film skala besar dan pertanian (menyemprotkan pupuk dan pestisida pada tanaman).
drone industrial diantaranya Yamaha Rmax, DJI MG1, dan DJI Matrice 600.


f. Drone Penelitian

 

Drone Penelitian


Drone ini digunakan untuk keperluan penelitian seperti survey pemetaan ataupun kebutuhan akademis.
LSU 02 buatan Lapan.



g. Drone Internet

 

Drone Internet


Drone ini digunakan sebagai penetrasi sambungan internet pada daerah terpencil dan tidak terjangkau oleh jaringan internet umum. Facebook tengan menyiapkan Drone Aquilla untuk menyediakan layanan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × two =