Jenis jenis firewall

Jenis jenis firewall – Apapun basis teknologi yang digunakan, Firewall pada dasarnya bertindak sebagai gateway terkontrol antara dua atau lebih jaringan dimana setiap trafik harus melewatinya. dalam artikel ini centi akan memmbahas beberapa jenis firewal.

Jenis jenis firewall

1.Packet Filtering

Firewall jenis ini melakukan penyaringan paket data berdasarkan alamat dan opsi-opsi yang sudah ditentukan terhadap paket tersebut. Jenis ini akan bekerja dalam level IP paket data dan membuat keputusan tentang tindakan lebih lanjut (disetujui atau tidak disetujui) oleh kondisi paket. Firewall jenis ini terbagi lagi menjadi tiga subtipe:

Static Filtering

Jenis yang diterapkan di kebanyakan router, dengan modifikasi dan aturan filter harus dilakukan secara manual.

Dynamic Filtering

Proses tertentu yang diluar jaringan kan di ubah dan disaring secara dinamis berdasarkan kriteria tertentu yang kemudian diobservasi oleh Router (sebagai contoh, paket FTP dari sisi luar dapat diijinkan apabila seseorang dari sisi dalam me-request sesi FTP).

Stateful Inspection

Dikembangkan dari Dynamic Filtering dengan tambahan fitur eksaminasi berkala berdasarkan data yang dibawa oleh paket IP.

2.Circuit Gateways

Firewall ini bekerja pada Layer (lapisan) transport network dan koneksi atau hubungan diautorisasi berdasarkan alamatnya. Sama dengan Packet Filtering, Circuit Gateway tidak bisa memantau trafik data yan terjadi antara satu network dengan network lainnya, tetapi ia mencegah koneksi langsung antar network.

3.Application Gateways

Application Gateways juga disebut sebagai Firewall berbasis Proxy. Application Gateways bekerja pada aplikasi dan dapat mempelajari informasi dalam data aplikasi (yang dimaksudkan disini adalah konten dari paket data karena Proxy pada dasarnya bekerja pada paket data). Filtrasi didasarkan pada data aplikasi, seperti perintah – perintah FTP atau URL yang dapat diakses melalui HTTP.

4.Hybrid Firewalls

Firewallini memakai elemen-elemen dari satu atau lebih tipe firewall. Hybrid firewall komersial pertama adalah DEC SEAL. DEC SEAL merupakan firewall berjenis hybrid, dengan menggunakan proxy pada sebuah bastion hosts dan packet filtering pada gateway. Sistem hybrid seringkali digunakan untuk menambahkan layanan baru dengan cepat pada sistem firewall yang sudah tersedia. Kita bisa menambahkan gateway sirkuit atau firewall packet filtering pada gateway aplikasi, hanya diperlukan karena kode proxy yang baru yang ditulis untuk setiap layanan baru yang akan disediakan. Kami juga dapat memberikan otentikasi pengguna yang lebih ketat pada Stateful Packet Filer dengan menambahkan proxy untuk setiap layanan.

Sekian hal yang dapat kami bagikan mengenai Jenis – Jenis Firewall. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar dan jangan lupa share jika anda terbantu dan informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × five =