Jenis-Jenis Wireless Network

Jenis-Jenis Wireless Network – Wireless Network adalah teknologi tanpa kabel dalam koneksi telekomunikasi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik, sehingga tidak perlu menggunakan kabel lagi. Tentu saja perkembangan Wireless Network sekarang ini sangat pesat berbanding lurus dengan kebutuhan manusia akan Wireless Network, aktifitas dari pemakaian telepon seluler dan smartphone menjadi pemicu utama perkembangan pesat dari Wireless Network.

Wireless Network tentu tidak hanya 1 jenis saja, Wireless Network  memiliki beberapa jenis baik dari segi sistem maupun penggunaannya.

jenis-jenis wireless network yaitu :

  1. WPAN (Wireless Personal Area Network)
  2. WLAN (Wireless Local Area Network)
  3. WMAN (Wireless Metropolitan Area Network)
  4. WWAN (Wireless Wide Area Network)

Berikut penjelasan dari keempat jenis wireless yang ada di atas :

1. WPAN (Wireless Personal Area Network)

WPAN

WPAN adalah network yang terbentuk dari beragam perangkat dengan capaian 10 meter. WPAN menggunakan gelombang radio 2,4 Ghz dengan penggunaan perangkat berbasis Bluetooth. WPAN dapat terdiri atas perangkat pribadi seperti Handphone, PDA, BlackBerry,Notebook, Printer dan perangkat lainnya. Standart WPAN telah di tentukan Oleh IEEE dengan kode 802.15.

2.WLAN (Wireless Local Area Network)

WLAN

Pengembangan WLAN dimulai pada tahun 1997, spesifikasi WLAN pertama diberi kode 802.11. oleh lembaga IEEE. Peralatan standar WLAN sesuai standar 802.11. Berfungsi pada frekuensi 2.4 GHz dengan kecepatan transfer data maksimal 2 Mbps. Pada Juli 1999, IEEE kembali meluncurkan spesifikasi baru dengan kode 802.11b dengan kecepatan transfer maksimum 11 Mbps yang sebanding dengan dengan Card Ethernet tradisional.

Lembaga IEEE kemudian mengembangkan ke spesifikasi 802.11a yang bekerja pada frekuensi 5 GHz dengan kecepatan maksimal 54 Mbps, spesifikasi802.11a akan susah untuk menembus dinding atau penghalang lainnya. WLAN menggunakan perangkat NIC merupakan Wifi Card (Wireless Fidelity) agar dapat menghubungkan perangkat sentral bernama Access Point (AP) untuk mengatur pemakaian media pada WLAN.

WLAN lebih cenderung digunakan untuk keperluan dalam ruangan, namun saat ini banyak juga yang menggunakannya untuk keperluan luar ruangan. Misalnya untuk berhubungan dengan jarak lebih dari 2 km dan di perlukan antena eksternal yang harus dipasang pada ketinggian tertentu.

3.WMAN (Wireless Metropolitan Area Network)

WMAN

Teknologi WLAN yang juga disebut WIMAX dapat didefinisikan dengan IEE, teknologi WIMAX bertujuan agar menjangkau area seukuran sebuah kota dan secara tidak langsung melengkapi Wifi dan Bluetooth. Ada dua standar WIMAX yaitu FIXED WIMAX dan MOBILE WIMAX. Frekuensi yang digunakan Fixed Wimax yaitu 2GHz dan 11 GHz, terkhusus Mobile Wimax menggunakan frekuensi 2,66 GHz.

4.WWAN (Wireless Wide Area Network)

WWAN

Wireless WWAN terbilang lebih baru dibandingkan dengan WLAN, teknologi WWAN memungkinkan komunikasi dan akses data secara luas merata dan fleksibel. WWAN dengan menggunakan teknologi network seluler seperti WIMAX, UMTS, GPRS, EDGE, CDMA2000, GSM, CDPD, NOBITEX, HSDPA, atau 3G untuk komunikasi data.

Sekian hal yang dapat kami bagikan mengenai Jenis Wireless Network, jika masih ada hal yang ingin diketahui silahkan tinggalkan jejak pada kolom komentar. Jangan lupa share jika anda terbantu dan informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × 1 =