Negara – Negara Yang Pernah Memindahkan Ibu Kota

Negara Yang Pernah Memindahkan Ibu Kota – Tentu kabar pemindahan ibu kota Jakarta tidak asing lagi terdengar, salah satu tempat yang sering terdengar sebagai calon ibu kota selanjutnya adalah Penajam Paser Utara, Samboja, dan Kota Baru; ketiganya di Kalimantan Timur. Tak heran kalau hal ini dikatakan sebagai hal yang serius karena Presiden Joko Widodo meminta izin pemindahan saat pidato kenegaraan pada 16 Agustus 2019 di Senayan, Jakarta.

Jika Indonesia masih sekedar “Rencana” , negara-negara berikut telah melalui pemindahan ibu kota negara. Berikut rangkuman  Negara – negara yang pernah memindahkan ibu kota dalam kurun waktu 200 tahun  terakhir. Banyak alasan yang mendasari pemindahan ibu kota seperti lokasi yang strategis, perjanjian politik, bencana alam, membentuk pusat perekonomian, hingga menghindari pemusatan kekuaasaan.

Negara – Negara Yang Pernah Memindahkan Ibu Kota

1. Negara Palau (2006) : Dari Koror City ke Ngerulmud

Ngerulmund kini menjadi pusat pemerintahan Palau, dulunya kota ini adalah kota yang sangat sepi di negara Palau dengan populasi hanya 391 orang. Alasan pemindahan dilakukan oleh Negara Palau adalah untuk menghindari pemusatan kekuasaan dan tensi politik pada ibu kota Negara Palau yang mulanya berada di Koror City.

2. Negara Korea Selatan (2005) : Dari Seoul ke Sejong City

Dengan alasan pemerataan dan pembangunan pusat perekonomian yang baru, pemerintah Korea Selatan memutuskan untuk melakukan pemindahan ibu kota negara mereka. Pada tahun 2015 tercatat 36 kantor pemerintahan harus berpindah lokasi ke Sejong City. Namun meski telah terjadi pemindahan ibu kota Seoul masih menjadi pusat pemerintahan dan perekonomian, serta hiburan.

3. Negara Myanmar (2005) : Dari Yangon ke Naypidaw

Rezim militer Myanmar pada tahun 2005 telah melakukan pemindahan ibu kota negara, walaupun telah melakukan pembangunan secara besar-besaran, tetap saja kota Naypidaw sepi penduduk dan minim aktifitas.

4. Negara Malaysia (1999) : Kuala Lumpur ke Putrajaya

Karena kondisi Kuala Lumpur yang dianggap terlalu padat, pemerintah Malaysia memutuskan untuk melakukan pemindahan ibu kota pada tahun 1999. Dengan harapan lainnya yaitu membentuk pusat perekonomian yang baru, pemindahan ibu kota Malaysia awalnya tidak berjalan mulus seperti masih terjadinya pusat pemerintahan serta perekonomian Malaysia secara de facto masih berada di Kuala Lumpur.

5. Negara Kazakhstan (1997) : Dari Almaty ke Astana

Almaty menjadi pusat pemerintahan dan perekonomian negara pada masa kekuasaan Uni Soviet. Pemindahan ibu kota pada tahun 1997 ke Astana berjalan mulus dan berkembang pesat serta terbilang berhasil.

6. Negara Nigeria (1991) : Dari Lagos ke Abuja

Dengan pertimbangan lokasi yang strategis berada di tengah Nigeria, akses yang mudah, iklim yang mendukung dan ramah, Kota Abuja dengan luas yang mencapai 480 km ditunjuk menjadi ibu kota Nigeria pada tahun 1991. Disamping alasan yang diatas, salah satu perimbangan pemindahan ibu kota Nigeria adalah untuk menghindari Tensi Politik

7. Negara Sri Lanka (1982) : Dari Colombo ke Sri Jayawardenepura Kotte

Karena alasan kepadatan wilayah pada kota Colombo, pemidahan ibu kota negara Sri Lanka dilakukan pemerintah setempat. Pembangunan di kota Sri Jayawardenepura Kotte dilakukan secara menyeluruh, mulai dari sektor pemerintah, ekonomi dan hunian warga negara.

8. Negara Belize (1970) : Dari Belize City ke Belmopan

Badai besar Hattie yang terjadi di kota Belize pada 1967 menghancur 75% bangunan yang ada, dikarenakan kondisi tersebut pada tahun 1970 ibu kota negara Belize di pindahkan ke kota Belmopan.

9. Negara Pakistan (1967) : Dari Karachi ke Islamabad

Kota Karachi yang dianggap tak layak menjadi ibu kota nagera karena pernah menjadi pusat perdagangan di Sungai Indus menjadi dasar awal kenapa ibu kota Pakistan dipindahkan ke Islamabad. Pembangunan Islamabad tahun 1961, pembangunan di Islamabad mulai dilakukan dengan menyatukan kultur Islam dengan modernitas. Kota Islamabad dengan luas lahan 65 kilometer persegi dengan ketinggian dataran berkisar 450 hingga 600 meter di atas permukaan dianggap cukup representatif sebagai ibu kota negara.

10. Negara Tanzania (1961) : Dari Dar es Salaam ke Dodoma

Dikarenakan kota Dodoma memiliki lokasi yang strategis untuk membangun pusat perekonomian yang baru maka Dodoma menjadi ibu kota negara Tanzania setelah kota Dar Es Salaam. Dikutip dari allafrica.com menyebutkan pegawai pemerintah baru 86 persen yang pindah per Februari 2019, meski telah lama memindahkan ibu kota negara  hingga 2019 belum sepenuhnya pegawai pemerintahan pindah ke ibu kota baru. Biaya yang digunakan terbilang besar yaitu mencapai 186 juta poundsterling dan membutuhkan waktu selama 10 tahun.

11. Negara Brasil (1960) : Dari Rio de Janeiro ke Brasilia

Rio de Jenairo sudah terlalu padat penduduk sehingga dilakukan pemindahan ibu kota. Konsep “Modern dan pusat perekonomian baru” di terapkan pada kota Brasilia sebagai ibu kota yang baru. Pembangunan berjalan tidak mulus dikarenakan biaya yang dikeluarkan tak seimbang bahkan lebih besar dari yang dana yang diperoleh negara. Dampak dari hal tersebut adalah kesenjangan sosial yang sangat kontras pada kota Brasilia yang terasa.

12. Negara India (1912) : Dari Kolkata ke New Delhi, India (1912)

Lantaran alasan lokasi yang strategis di tengah-tengah negara India, ibu kota pun dipindah dari Kolkata  ke New Delhi. Kolkata merupakan kota pusat perdagangan negara India.

13. Negara Finlandia (1812) : Dari Turku ke Helsinki

Pemindahan ibu kota Finlandia terjadi akibat Kota Turku terlalu bersekutu dengan Swedia, Raja Alxander I yang saat itu memimpin Finlandia memutuskan untuk memindah pusat pemerintahan ke Helsinki pada 1812. Kebakaran hebat yang pernah terjadi di Turku mengakibatkan seluruh lembaga pemerintahan dipindahkan ke Helsinki. Meski sudah dipindah, Turku masih menjadi kota terbesar di Finlandia hingga 1840.

14. Negara Amerika Serikat (1800) : Dari New York ke Philadelphia ke Washington DC

Sebagai bagian dari Kompromi Politik 1790 antara Menteri Keuangan Alexander Hamilton dan senator Madison, pemindahan ibu kota Amrika Serikat pun dilakukan. Amerika serikat yang dilanda hutang akibat perang dengan Inggris membuat Hamilton bernegosiasi dengan Madison. Sebagai timbal balik dari pembayaran utang dan menghindari pemusatan kekuasaan, ibu kota dipindah ke Washington, DC. Saat Washinton DC tengah dibangun, pada 1792 ibu kota AS dipindahkan sementara dari New York ke Philadelphia.

Sekian hal yang dapat kami bagikan mengenai Negara – Negara Yang Pernah Memindahkan Ibu Kota, jika masih ada hal yang ingin diketahui silahkan tinggalkan jejak pada kolom komentar. Jangan lupa share jika anda terbantu dan informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 − three =