Pengertian dan Fungsi Daur Biogeokimia

Pengertian dan Fungsi Daur Biogeokimia – Ekologi, umumnya didefinisikan sebagai studi tentang hubungan antara organisme dan lingkungan mereka. Beberapa ekosistem berkorelasi dengan proses biologi, fisika, kimia.

Mengatur dengan pemborosan energi, bahan kimia anorganik, dan organik gas bisa melalui batas-batas ekosistem ikatan faktor meteorologi seperti angin dan curah hujan, misalnya geologi menyebabkan air yang mengalir di sepanjang daya tarik dengan faktor-faktor biologis seperti gerakan hewan.Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan dibahas tentang siklus atau daur biogeokimia.

Pengertian dan Fungsi Daur Biogeokimia

Pengertian Siklus atau Daur Biogeokimia

Daur Biogeokimia atau Siklus Biogeokimia merupakan siklus senyawa kimia yang bergerak dari komponen abiotik menuju ke biotik kemudian balik lagi ke komponen abiotik. Siklus unsur-unsur tersebut melewati organisme dan mengikutsertakan reaksi-reaksi kimia pada golongan abiotik sehingga dinamakan siklus biogeokimia. Biogeokimia adalah transisi terus menerus atau perubahan antara unsur-unsur kehidupan biosfer dan non-hidup.

Sebuah ekosistem memiliki materi pada setiap bagian trofik, materi tersebut berwujud unsur pembagian bahan organik di daur ulang. Kemudian unsur tersebut masuk melalui media elemen biotik lewat air, tanah, dan udara. Siklus materi tersebut mengaitkan makhluk hidup beserta batuan (geofisik) oleh karena itu dinamakan Daur Biogeokimia atau Siklus Biogeokimia.

Seluruh bumi pada makhluk hidup dan benda mati yang digantung dari materi. Materi yang terdiri dari: nitrogen (N), oksigen (O), karbon (C), hidrogen (H), sulfur atau belerang (S) dan fosfor (P). Bahan kimia yang digunakan untuk membuat produsen bahan organik dengan bantuan energi dari sinar matahari juga diperoleh oleh reaksi kimia. bahan organik merupakan sumber bagi tubuh. tepung fase dikonsumsi pada saat yang sama bahwa rantai menyebabkan aliran material rantai makanan di sisi lain.

Meskipun terletak di salah satu rantai makanan yang tidak hidup, aliran material akan terus berlanjut. Untuk makhluk yang telah meninggal sebelum akan dijelaskan dengan resolver hidup kemudian mengatur lagi dalam rantai makanan berikutnya. Seterusnya sampai membentuk aliran energi sepanjang siklus materi.

Fungsi Daur Biogeokimia

Fungsi dari Daur Biogeokimia ialah menjadi daur atau siklus materi yang membalikkan lagi seluruh unsur-unsur kimia yang telah digunakan oleh seluruh yang ada di muka bumi dari komponen biotik ataupun komponen abiotik, yang pada akhirnya berkesinambungan dan seimbang dalam kehidupan di bumi dapat terjaga.

Sekian hal yang dapat kami bagikan mengenai Pengertian dan Fungsi Daur Biogeokimia.  Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar dan jangan lupa share jika anda terbantu dan informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen − 7 =