Pengertian Frekuensi, Getaran, Gelombang, dan Amplitudo

Pengertian Frekuensi, Getaran, Gelombang, dan Amplitudo – Saat di bangku sekolah tentu kita pernah temui pelajaran fisika. Dalam pelajran fisika tentu pernah membahas materi mengenai frekuensi, getaran, gelombang, dan juga amplitudo, materi tentang hal – hal yang disebut itu ternyata berkaitan erat dengan dunia elektronika dan pengaplikasiannya.

Elektronik seperti radio amatir atau radio HT sangat berkaitan dengan istilah frekwensi. Dalam dunia audio suara dan transmisi sinyal berkaitan erat dengan istilah getaran, gelombang, amplitudo, dan lain sebagainya. Tapi tahukah anda sebenarnya apa definisi dari istilah-istilah tadi?. Artikel kali ini akan membahas pengertian dari apa itu frekuensi, getaran, gelombang, dan juga amplitudo. Berikut pembahasan singkatnya :

Pengertian Frekuensi, Getaran, Gelombang, dan Amplitudo

Pengertian Frekuensi

Frekuensi adalah jumlah atau jumlah getaran yang terjadi dalam satu detik. Unit atau satuan untuk frekuensi ini adalah Hertz atau Hz. Frekuensi dapat dirumuskan sebagai f = N/t, dimana N adalah jumlah getaran, dan t adalah waktu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa jumlah frenkuensi adalah jumlah getaran dibagi dengan jumlah waktu.

Pengertian Getaran

Getaran adalah suatu gerak bolak-balik yang berada di sekitar kesetimbangan. Keseimbangan yang dimaksud disini adalah keadaan di mana suatu objek saat diam atau tidak bergerak jika tidak ada gaya yang bekerja pada benda tersebut. Getaran ini sangat erat kaitannya dengan frekuensi dan amplitudo. Satu kali gerak bolak-balik penuh sama dengan satu getaran frekuensi.

Pengertian Gelombang

Gelombang merupakan getaran merambat. Idealnya, gelombang sinusoide akan mengikuti gerakan. Gelombang dapat berjalan melalui ruang vakum atau ruang udara dan juga dapat menjadi media di mana mereka dapat bergerak dan dapat memindahkan energi dari satu tempat ke tempat lain tanpa mengakibatkan partikel medium berpindah atau bergerak permanen.

Pengertian Amplitudo

Amplitudo adalah penyimpangan maksimum atau maksimal yang terjadi pada peristiwa getaran. Amplitudo dilambangkan dengan simbol huruf A dan unit ini meter (m). amplitudo lebih lanjut juga dapat didefinisikan sebagai deviasi dari jarak terjauh dari keseimbangan. Selain frekuensi, getaran, gelombang dan amplitudo, itu adalah istilah lain yang berkaitan erat dengan kondisi periode sebelumnya. Periode adalah waktu yang dibutuhkan untuk melakukan satu kali getaran.

Sekian hal yang dapat kami bagikan mengenai Pengertian Frekuensi, Getaran, Gelombang, dan Amplitudo. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar dan jangan lupa share jika anda terbantu dan informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × 1 =