Pengertian Mikroprosesor dan Mikrokontroler

Pengertian Mikroprosesor dan Mikrokontroler – Dalam dunia elektronika pasti kita akan dihadapkan pada pembahasan mengenai mikrokontroler dan mikroprosesor.

Mikrokontroler dan mikroprosesor adalah sebuah alat yang digunakan oleh para teknisi di bidang elektronika untuk tujuan mempermudah membuat sebuah aplikasi elektronika. Sama seperti arduino, mikrokontroler dan mikroprosesor juga dapat diibaratkan sebagai otak yang mengontrol sebuah rangkaian elektronika.

Meski memiliki nama yang hampir sama, mikrokontroler dan mikroprosesor memiliki perbedaan satu sama lain. Berikut pembahasan mengenai pengertian mikrokontroler dan mikroprosesor.

Pengertian Mikroprosesor dan Mikrokontroler

Pengertian Mikroprosesor

mikrokontroler dan mikroprosesor 3

Mikroprosesor merupakan sebuah alat yang bekerja sebagai pusat pengendalian dan pengolahan pada suatu sistem komputer dengan skala mikro. Selain disebut dengan Mikroprosesor, kadang pulau mikroprosesor disebut dengan Central Processing Unit atau CPU. Mikroprosesor terdiri dari 3 bagian penting yaitu sebagai berikut :

  1. Arithmetic Logic Unit atau ALU
  2. Register Unit atau RU
  3. Control Unit CU.
Bagian Dari Mikroprosesor

Satu buah Mikroprosesor dilengkapi dengan tiga buah memori yaitu Read Only Memory atau ROM, Read Write Memory atau RWM dan osilator dengan seperangkat alat input dan output. Read Only Memory hanya dapat melakukan pembacaan memori sedangkan Read Write Memory merupakan memori yang dapat ditulisi, dibaca dan melakukan perekaman memori.

Port Input (Masukkan) dan Output (Keluaran) pada Mikroprosesor biasanya terdiri dari port seral dan pararel. Mikroprosesor dapat melakukan berbegai macam tugas seperti mengambil data, melakukan perhitungan ataupun manipulasi data, dapat membentuk sebuah kalkulasi dan menyimpan hasil perhitungan yang dilakukan. Kemudian hasil perhitungan yang telah dilakukan akan ditampilakan ke layar atau monitor.

Pengertian Mikrokontroler

mikrokontroler dan mikroprosesor 2

Mikrokontroler merupakan sebuah chip tunggal yang terletak pada komputer mikro. Tidak berbeda dari kemampuan Mikroprosesor, Mikrokontroler juga dapat melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan Mikroprosesor. Mikrokontroler mampu melakukan tugas – tugas seperti mengendalikan dan mengontrol kerja mesin ataupun sebuah sistem menggunakan program yang telah diatur dan disimpan dalam memori ROM Mikrokontroler. Program yang telah diatur bermacam-macam dan biasanya menggunakan bahasa Assembly atau Assembler.

Bagian Dari Mikrokontroler

Seperti yang disebutkan bahwa Mikrokontroler merupakan sebuah chip tunggal yang terletak pada komputer mikro. Bagian – bagian dari Mikrokontroler tidak jauh berbeda dari mikroprosesor yaitu  CPU, ROM, RWM, port input output paralel, port input output seri, Counter Timer, serta sebuah rangkaian Clock.

Secara singkat berikut perbedaan Mikroprosesor dengan Mikrokontroler :

mikrokontroler dan mikroprosesor 1

Sekian hal yang dapat kami bagikan mengenai Pengertian Mikroprosesor dan Mikrokontroler, jika masih ada hal yang ingin diketahui silahkan tinggalkan jejak pada kolom komentar. Jangan lupa share jika anda terbantu dan informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + 7 =