Pengertian Osiloskop, Fungsi, Jenis dan Spesifikasinya

Pengertian Osiloskop

Pengertian Osiloskop Fungsi Jenis dan Spesifikasinya – Secara sederhana sanggup disimpulkan sebagai alat ukur elektronik yang sanggup memetakan dan memproyeksi tanda listrik dan frekuensi komponen elektronika. Osiloskop ini memetakan hasil pengukurannya dalam wujud digital maupun grafik sehingga lebih mudah untuk dibaca dan di pelajari.

Fungsi dan Kegunaan Osiloskop

Fungsi osiloskop banyak sekali. Alat ukur ini basanya banyak digunakan terutama untuk keperluan dibidang industri maupun elektronika. Berikut beberapa kegunaan osiloskop seperti diantaranya adalah :

1. Osiloskop bisa digunakan buat mengukur frekuensi sinyal yang bisa berosilasi.
2. Osilasi pula bisa mengukur tegangan listrik dan relasinya terhadap waktu.
3. Membedakan arus AC serta pula arus DC serta suatu komponen elektronika.
4. Mengecek sinyal dalam suatu rangkaian elektronik.
5. Mengenali noise dalam rangkaian elektronik.

Demikanlah tadi sebagian guna osiloskop. Perlengkapan ini umumnya banyak digunakan pada industri- industri riset, sains, medical serta pula telekomunikasi.

Jenis Oscilloscope

Jenis-jenis Osiloskop dibagi menjadi dua yakni osiloskop analog dan osiloskop digital. Dimana osiloskop analog memanfaatkan teknologi CTR (Cathode Ray Tube) untuk menampilkan sinyal listriknya. Sedangkan Osiloskop Digital memanfaatkan LCD untuk menampilkan sinyal listrik dan gelombang.

Jenis osiloskop analog biasa disebut termasuk bersama dengan osiloskop tabung kaca. Osiloskop jenis ini miliki tanggapan yang lebih cepat daripada Osiloskop Digital. Namun meskipun begitu, Osiloskop Digital atau yang sering disebut termasuk sebagai osiloskop LCD lebih banyak digemari untuk dipakai di jaman moderen ini. Beberapa berlebihan jenis Osiloskop digital pada lain adalah kerena osiloskop jenis ini sudah memanfaatkan layar LCD sehingga lebih ringan. Selain itu, Osiloskop Digital bisa memilih bandwith bersama dengan lebih fleksibel.

Spesifikasi Osiloskop

Sama seperti alat pengukur lainnya. Osiloskop juga miliki fitur-fitur yang sangat mungkin alat ini untuk mengukur frekuensi, amplitudo, maupun gelombang tanda listrik. Namun tidak semua Osiloskop miliki kinerja yang sama antara yang satu bersama yang lainnya. Salah satu faktor yang pengaruhi kinerja berasal dari Osiloskop ini anatara lain adalah spesifikasi yang terdapat dalam osiloskop ini sendiri. Beberapa spesifikasi penting yang biasanya terdapat dalam osiloskop antara lain adalah :

1. Bandwith Osiloskop ( Lebar Pita)

Salah satu spesifikasi yang terdapat pada osiloskop adalah lebar pita atau bandwith, bandwith ini menentukan rentang frekuensi yang dapat diukur oleh Osiloskop.

2.Jenis Osiloskop

Salah satu hal yang mempengaruhi kinerja Osiloskop adalah jenis dari osiloskop itu sendiri. Dimana kinerja dari osiloskop jenis analog tentu akan berbeda kinerjanya dengan jenis Osiloskop Digital.

3.Jumlah Chanel (Kanal).

Kemampuan Osiloskop terhitung terkait terhadap jumlah chanel atau kanal yang dimilikinya. Osiloskop umumnya mampu membaca lebih dari satu sinyal didalam selagi yang sama. Namun kapabilitas itu terhitung terpengaruh oleh jumlah kanal yang dimilikinya. Umumnya terhadap Osiloskop yang beredar dipasaran punya jumlah kanal 2 sampai 4.

4.Sampling Rate

Sampling rate hanya berfungsi untuk osiloskop digital. Yang berfungsi untuk menghitung berapa kali sinyal utu dibaca dalam satu detiknya.

5.Rise Time

Komponen ini berfungsi untuk mengukur seberapa cepat osiloskop melakukan pengukuran.

6.Vertikal Sensitif

Vertikal sensitif ini diukur dengan menggunakan satuan Volt per-Div dan berfungsi untuk memperkuat sinyal yang lemah pada osiloskop.

7.Input Impedance

Input impedance digunakan pada saat mengukur frekuensi yang tinggi.

Sekian hal yang dapat kami bagikan mengenai Pengertian Osiloskop, Fungsi, Jenis dan Spesifikasinya. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar dan jangan lupa share jika anda terbantu dan informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × one =