Pengertian Teknologi Tepat Guna Dan Contohnya

Pengertian Teknologi Tepat Guna – Teknologi adalah sebuah alat yang diciptakan oleh manusia yang cerdas dan kreatif untuk membantu memudahkan kesibukan manusia. Teknologi selanjutnya dirancang cocok bersama dengan keperluan dan lingkungannya sehingga menjadi teknologi yang punya nilai kegunaan yang tepat.

Seiring bertambahnya zaman, teknologi termasuk tambah menawarkan kekuatan kegunaan yang tambah canggih sehingga bisa menambah nilai kegunaan pada teknologi tersebut.

Pengertian Teknologi Tepat Guna

Teknologi Tepat Guna adalah sebuah teknologi yang ditemukan atau diciptakan dengan tujuan untuk meningkatkan atau membuat pekerjaan manusia semakin mudah, cepat dan lancar. Hal ini kemudian bisa meningkatkan nilai ekonomi juga. Teknologi tersebut tidak hanya asal dibuat namun dibuat dengan tepat sesuai dengan kebutuhan manusia. Adanya teknologi juga bisa dikatakan mampu meningkatkan perekonomian lebih banyak orang.

Jenis-jenis Teknologi Tepat Guna

1. Bidang Transportasi

Seperti yang sudah Anda manfaatkan setiap hari ketika bepergian berasal dari satu area ke area lain yakni alat transportasi. Alat transportasi adalah keliru satu jenis teknologi gara-gara teknologi sebelumnya tidak dulu ada. Seperti sepeda, sepeda motor, mobil, pesawat dan kapal merupakan penemuan berasal dari para ilmuan pada zamannya meski waktu itu alat transportasi tetap bermodel kuno dan tidak secanggih sekarang. Tetapi berkembangnya zaman alat transportasi tambah tambah canggih bersama dengan bentuk body dan mesin yang terlalu canggih seperti saat ini ini.

2. Bidang Pertanian

Pertanian adalah sebuah kegiatan bertani di sawah atau di kebun bersama dengan bercocok tanam yang perlu garapan bersama dengan membajak tanah sawah sementara tanah masih kosong dan akan ditanamkan tanaman. Zaman dahulu kala orang membajak tanah sawah adalah bersama dengan menyewa puluhan tenaga kuli cangkul yang memakan biaya dan sementara garapan yang lama.

Cara lama membajak sawah adalah dengan menggunakan tenaga hewan seperti sapi atau kerbau sebagai penderek bajak sawah sehingga tanah sawah siap untuk ditanami. Cara ini dikategorikan termasuk cara lama dan manual. Tetapi petani sekarang sudah sangat dimudahkan oleh teknologi yakni dengan diciptakannya mesin pembajak tanah sawah dengan yang namanya Traktor. Belum lagi penemuan pembuatan pupuk. Mulai pupuk buatan hingga pupuk organik cair (POC) yang dinilai lebih aman bagi tanaman.

3. Bidang Kedokteran.

Bidang kedokteran juga sudah banyak menggunakan teknologi baru dalam penanganan pasien maupun pembuatan obat untuk pasien.

Teknologi canggih bidang kedokteran masa kini, meliputi :

Alat pemeriksa kadar kolesterol, kadar gula, fungsi pencernaan, fungsi syaraf. Menggunakan alat semacam maghnet yang digenggam kemudian langsung terhubung dengan layar komputer dan diketahui bagaimana kondisi tubuh pasien.

Selain pengambilan sampel darah, ada banyak alternatif lain untuk membandingkan hasil pemeriksaan sehingga lebih maksimal. Belum lagi teknoloti CT scan, USG dan sebagainya.

4. Bidang Pendidikan

Bidang pendidikan udah kira-kira 10 th. lalu mengalami kemajuan dalam proses pembelajaran. Yang berawal berasal dari proses studi bersama dengan hanya memanfaatkan papan tulis dan kapur tulis yang berdebu. Tetapi, sekarang sekolah-sekolah udah memanfaatkan papan tulis bersama dengan spidol belakangan memanfaatkan laptop dan proyektor, pembelajaran melalui video, internet dan sebagainya.

Sekian hal yang dapat kami bagikan mengenai Pengertian Teknologi Tepat Guna Dan Contohnya.  Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar dan jangan lupa share jika anda terbantu dan informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × 2 =