Perbedaan Internet dan Intranet

Perbedaan Internet dan Intranet – Masih banyak orang yang menyangka kalau internet serta intranet itu sama saja. Ada pula yang masih bimbang dimana letak perbedaannya. Perbandingan yang sangat mendasar dari keduanya merupakan siapa yang dapat mengaksesnya. Internet dapat diakses siapa saja sebaliknya intranet cuma dapat diakses oleh sebagian user yang telah lolos verifikasi. Berikut ini perbedaan- perbedaan utama antara internet dan intranet.

Perbedaan Internet dan Intranet

1.Internet menghubungkan berbagai jaringan pc dari seluruh dunia, sebaliknya intranet cuma menghubungkan sebagian pc yang terletak dalam sesuatu jaringan pc tertentu contohnya komputer- komputer yang terletak dalam jaringan pc industri.

2.Intranet merupakan bagian dari internet, tapi tidak sebaliknya.

3.Siapapun bisa mengakses internet tanpa harus login, sedangkan intranet hanya bisa diakses oleh anggota organisasi atau karyawan perusahaan saja dan biasanya untuk bisa masuk ke intranet, user harus login terlebih dahulu.

4.Keamanan internet sangat rapuh disebabkan aksesibilitasnya yang luas. Informasi serta data penting yang ditransfer ataupun dikirimkan lewat internet dapat saja bocor ke pihak lain yang tidak bertanggung jawab. Keamanan jaringan intranet lebih kokoh sebab aksesibilitasnya yang terbatas. Bila pihak luar dapat memperoleh informasi data yang terdapat di dalam server intranet, itu berarti terdapat sumber orang dalam yang membocorkannya jadi industri lebih gampang mengenali sumber kebocorannya.

5.Terkait dengan yang telah dijelaskan sebelumnya, user intranet terbatas dan sebaliknya internet tidak terbatas.

6.Konten- konten yang terdapat di internet terdiri dari bermacam tipe serta berasal dari bermacam sumber. Konten- konten ada untuk siapa saja yang mau mengaksesnya. Sebaliknya konten- konten yang terdapat di jaringan intranet ialah konten yang telah khusus serta cuma bermanfaat untuk kepentingan organisasi ataupun perusahan. Konten intranet cuma ada untuk staf organisasi serta tidak diperuntukan buat publik.

7.Internet tidak dipunyai oleh kalangan ataupun organisasi tertentu. Sebaliknya jaringan intranet ialah milik sesuatu organisasi ataupun industri tertentu. Makanya jaringan internet diucap bagaikan jaringan publik serta jaringan intranet diucap bagaikan jaringan private.

8.Internet dapat memakai berbagai macam jaringan teknologi seperti teknologi wireless, optic, ataupun elektronik. Sebaliknya intranet mayoritas cuma memakai teknologi LAN ataupun WAN.

Sekian hal yang dapat kami bagikan mengenai Perbedaan Internet dan Intranet . Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar dan jangan lupa share jika anda terbantu dan informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × 2 =