Rangkaian Sensor Ultrasonik

Rangkaian Sensor Ultrasonik – Seperti yang telah dibahas di artikel sebelumnya tentang Sensor Ultrasonik yang memiliki banyak kegunaan dalam  berbagai bidang.

Contonhnya dalam bidang kesehatan, gelombang ultrasonik digunakan untuk melihat oragan dalam manusia seperti mendeteksi tumor, liver, otak, menghancurkan batu ginjal dan juga selain itu melakukan USG yang biasa dilakukan oleh dokter kandungan.

Di bidang industri, gelombang ultrasonik digunakan untuk mendeteksi keretakan logam, meratakan campuran besi dan timah, meratakan campuran susu agar homogen, mensterilkan makanan kaleng dan membersihkan benda. Gelombang ultrasonik juga digunakan untuk mendeteksi keberadaan mineral dan minyak dalam perut bumi.

Di bidang pertahanan, gelombang ultrasonik digunakan sebagai radar atau navigasi darat maupun air. Gelombang ultrasonik digunakan untuk mengetahui keberadaan kapal selam, kapal yang berada di permukaan air, mendeteksi ranjau dan mengetahui posisi sekelompok ikan.

Rangkaian Sensor Ultrasonik

Piezoelektrik

RANGKAIAN 3

Piezoelektrik berfungsi mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Piezoelektrik adalah material yang memproduksi atau menghasilkan medan listrik ketika terkena regangan atau tekanan mekanis. Sebaliknya jika medan listrik diterapkan maka material akan mengalami regangan atau tekanan mekanis.

Jika rangkaian pengukur beroperasi pada mode pulsa elemen piezoelektrik yang sama makan dapt digunakan sebagai transmitter dan reiceiver.

Frekuensi yang ditimbulkan tergantung pada osilator dengan penyesuaian terhadap frekuensi kerja transduser, karena hal ini piezoelektrik lebih sesuai digunakan untuk sensor ultrasonik.

Transmitter

RANGKAIAN 2

Transmitter adalah sebuah alat dengan fungsi sebagai pemancar gelombang ultrasonik dengan frekuensi tertentu yang dipancing menggunakan osilator. Untuk menghasilkan frekuensi tertentu, harus dibuat sebuah rangkaian osilator dan keluaran osilator kemudian dilanjutkan menuju penguat sinyal.

Besar kecilnya frekuensi tergantung oleh komponen RLC atau kristal dari rangkaian osilator yang digunakan. Penguat sinyal akan memberikan sinyal listrik yang dibagaikan ke piezoelektrik lalu terjadi reaksi mekanik yang menimbulkan getaran sehinggan memancarkan gelombang yang sesuai dengan rancangan pada osilator.

Receiver

RANGKAIAN 1

Receiver adalah sebuah alat yang merupakan tranduser ultrasonik dengan bahan piezoelektrik yang berfungsi sebagai penerima gelombang pantulan yang berasal dari transmitter.

Pantulan tersebut akan mengenai permukaan benda atau objek yang biasanya disebut juga sebagai gelombang langsung LOS (Line of Sight) dari transmitter.

Bahan piezoelektrik akan memiliki reaksi reversible, kemudian elemen keramik akan memicu tegangan listrik pada gelombang berikutnya dengan frekuensi resonan yang akan menggetarkan bahan piezoelektrik tersebut.

Sekian hal yang dapat kami bagikan mengenai Rangkaian Sensor Ultrasonik, jika masih ada hal yang ingin diketahui silahkan tinggalkan jejak pada kolom komentar. Jangan lupa share jika anda terbantu dan informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ten + nine =