Sejarah Singkat Perkembangan Elektronika

Sejarah Elektronika – Jika kita membahas tentang elektronika maka bahasannya akan mencakup hal yang sangat luas. Tentu saja awal mula kemunculan dari elektronika adalah atas tuntutan kebutuhan manusia akan teknologi. Teknologi awal kemunculan elektronika adalah pengamatan sinar katoda.

Teknologi telepon dan sejenisnya menjadi pemicu perkembangan elektronika. Berikut pembahasan singkat mengenai sejarah singkat perkembangan elektronika.

Sejarah Perkembangan Elektronika

Dalam catatan sejarah banyak sekali nama ilmuwan yang mengembangkan bidang elektronika ini, berikut beberapa nama ilmuwan yang berjasa dalam perkembangan dunia elektronika.

  1. Hittrof dan Crookes (penemu Sinar Katoda pada tahun 1869)
  2. Maxwell (penemu teori matematika pemancaran gelombang elektromagnet)
  3. Edison (penemu Aliran elektron dalam ruang hampa pada tahun 1883)
  4. Hertz (penemu gelombang radio pada tahun 1888)
  5. J. Thomson (penemu pengukuran e/m pada tahun 1897)
  6. Marconi (penemu gelombang radio yang berhasil memancarkannya menyeberangi lautan Pasifik pada tahun 1901)
  7. Einstein (penemu teori tentang pengaruh foto elektrik)
  8. Fleming (penemu tabung elektron pertama pada tahun 1904)
  9. Deforest (penemu trioda pada tahun 1906)
  10. Armstrong (pengembang regeneratif peka dan penemuan isolator)
  11. Zworkin (penemu tabung gambar pada tahun 1924 dan Foto Multiplier pada tahun 1929)
  12. Watson Watts (penemu gelombang radio)
  13. Socley, Bardeen, Brattain (penemu Transistor pada tahun 1947)
  14. Townes (penemu maser pada tahun 1953)
  15. Maiman (penemu laser pada tahun 1960)
  16. Eckert dan Mauchly (perintis revolusi computer pada tahun 1946)
  17. Hoff (penemu mikroprosesor dalam satu kepi pada tahun 1969)

Selain nama – nama ilmuwan di atas masih banyak ilmuwan lainnya yang berjasa dalam perkembangan elektronika. Berikut pembahasan singkat perkembangan elektronika dari abad 19 hingga abad 21.

Perkembangan Elektronika Abad 19

elektronika 2

Pada tahun 1883, Thomas Alva Edison berhasil menemukan teori yaitu elektron dapat berpindah dari satu konduktor ke konduktor yang lainnya melewati ruang hampa yang dinamai Efek Edison. Selanjutnya pada tahun 1904, John Fleming berhasil menerapkan Efek Edison dan menemukan dua elemen tabung elektron yang disebut sebagai Dioda. Kemudian pada tahun 1905, Lee De Forest menerapkannya dengan menggunakan tiga elemen yang disebut Trioda.

Perkembangan Elektronika Abad 20

elektronika 3

Pada tahun 1896, aplikasi tabung elektron yang diterapkan dalam bidang komunikasi radio pertama kali berhasil dilakukan. Di tahun yang sama, seorang ilmuwan bernama Guglielmo Marconi berusaha mengembangkan wireless telegraph tanpa kabel yang kemudian berkembang menjadi komunikasi radio jarak jauh pada tahun 1901.

Kemudian pada tahun 1918, Edwin Armstrong menemukan Super-Heterodyne dengan kemampuan memilah sinyal radio atau stasiun sehingga memungkinkan menerima sinyal jarak jauh. Pada tahun 1935, Edwin Armstrong juga menemukan modulasi frekuensi FM pita lebar.

Perkembangan Elektronika Abad 21

elektronika 1

Pada saat generasi mikroelektronika yang terjadi pada abad 21, ukuran komponen yang awalnya mikro berubah menjadi nano yang artinya semakin hari ukurang komponen lebih kecil dibanding yang lama. Ilmuwan bernama Dr. Rohre menemukan tunneling elektron mikroskop yang memenangkan Nobel di bidang fisika pada tahun 1986.

Dr. Rohre telah memprediksi bahwa mikroelektronika akan bertransformasi menjadi nanoelektronika, sementara Prof. Petel yakni presiden UCLA memprediksi bahwa teknologi photonik akan menggantikan mikroelektronika.

Pada abad ini, perkembangan elektronika merambah bidang digital seperti komputer hingga robotik. Pada tahun 2001, Lary Pade dan Sergey Brin menemukan Google yaitu mesin pencari yang kini sukses menguasai pasar digital.

Saat ini persaingan antara Jepang dan Amerika menjadi negara penguasa sektor robotik, disaat yang bersamaan bermunculan teknologi – teknologi baru yang awal cikal bakalnya juga dari sejarah elektronika di abad 19.

Sekian hal yang dapat kami bagikan mengenai Sejarah Singkat Perkembangan Elektronika, jika masih ada hal yang ingin diketahui silahkan tinggalkan jejak pada kolom komentar. Jangan lupa share jika anda terbantu dan informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × 1 =