SpaceX Starship : Roket yang Membawa Manusia ke Mars

Tentang SpaceX Starship

space-x 1

SpaceX Starship – Pendiri SpaceX Elon Musk, baru – baru ini telah memamerkan karya roket Starship yang diklaim akan membawa manusia ke bulan dan juga  planet Mars untuk kemudian kembali lagi ke Bumi.

Dilansir dari laman The Verge, Senin (30/9/2019) Saat jumpa pers di fasilitas SpaceX di Boca Chica, Texas, Amerika Serikat, Sabtu (28/9/2019) malam waktu setempat, Musk mengungkapkan bahwa ia mempunyai target ambisius di mana penerbangan pertama roket itu ke orbit dapat terjadi di dalam 6 bulan lagi. Yang kemudian dapat dilanjutkan bersama misi berawak manusia ke antariksa.

“Ini kedengarannya benar-benar gila, tetapi saya pikir kami ingin mencoba mencapai orbit dalam waktu kurang dari enam bulan. Asalkan tingkat peningkatan desain dan peningkatan manufaktur terus eksponensial, saya pikir itu akurat dalam beberapa bulan, Ini pada dasarnya adalah holy grail antariksa. Terobosan penting yang diperlukan bagi kita untuk mencapai peradaban di luar angkasa adalah untuk membuat perjalanan antariksa menjadi seperti perjalanan udara” ujar Elon Musk.

Seperti diketahui, ini bukan kali pertama Musk memicu batas kala untuk misinya tersebut. Sebelumnya, tenggat kala yang diberikannya pun tidak terlaksana. Namun, kali ini Musk percaya, kalau laju memproduksi konsisten berjalan cepat, kendaraan orbit dapat jadi prototipe Mk4 atau Mk5. Saat konferensi pers, Musk menginformasikan bahwa tes seterusnya bakal berjalan kira-kira satu hingga dua bulan.

Tentang Starship

Starship yang terbuat dari metal adalah sistem kendaraan antar planet yang paling diandalkan Musk untuk menuju ke Mars. Proyek ini sudah berjalan selama 3 tahun di pedesaan bernama Boca Chica, dekat perbatasan Meksiko.

SpaceX Starship telah diterbangkan sebanyak dua kali dengan ketinggian yang mencapai 152 meter kemudian kembali lagi ke Bumi. NASA telah memilih SpaceX Starship untuk memcari jalan dan cara mendaratkan kendaraan di permukaan Bulan dan mengembangkan sistem roket yang dapat dipakai kembali.

Untuk biaya, Musk meyakini bahwa untuk mengantarkan manusia ke Mars memakan cost lebih kecil dari yang di awalnya diperkirakan. Dua th. silam, ia memperkirakan antara USD 2 miliar sampai USD 10 miliar. Saat ini, ia yakin jika biayanya cenderung mendekati USD 2 sampai 3 miliar. Starship rencananya dapat diterbangkan bersama dengan roket Super Heavy yang disebut-sebut sebagai roket terkuat di dunia pada waktu ini.

Sekian hal yang dapat kami bagikan mengenai SpaceX Starship dan Starship . Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar dan jangan lupa share jika anda terbantu dan informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 3 =