Teknologi Firewall

Teknologi Firewall – Firewall adalah sebuah sistem perangkat lunak yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman dan mencegah hubungan jaringan yang dianggap tidak aman. Firewall diterapkan pada mesin yang digunakan dan berjalan pada Gateway antara jaringan lokal dengan jaringan Internet.

Firewall adalah alat kontrol yang digunakan untuk membatasi akses kepada siapa pun dengan jaringan pribadi dari pihak ketiga. Firewall menjadi istilah yang lazim yang merujuk pada sistem pengatur komunikasi antar dua jaringan yang tidak sama.

Cyber Crime yang makin rentan terjadi di era modern seperti sekarang membutuhkan akses internet ataupun jaringan yang aman, disitulah Firewall menjadi perlindungan terhadap perangkat digital perusahaan tersebut dari serangan para peretas ataupun mata – mata.

Teknologi Firewall

Tipe Firewall

Personal Firewall

Personal Firewall dirancang untuk melindungi sebuah komputer yang terhubung ke jaringan dari akses yang tidak diinginkan dan tidak aman. Firewall jenis ini telah berevolusi menjadi kumpulan program dengan tujuan untuk mengamankan komputer secara total, dengan penambahan beberapa jenis perangkat yang dilengkapi perlindungan keamanan tambahan terhadap virus, anti-spyware, anti-spam, dan banyak lagi. Bahkan beberapa produk firewall yang di produksi telah dilengkapi fungsi keamanan jaringan deteksi intrusi (Intrusion Detection System).

Contoh dari jenis firewall adalah Microsoft Windows Firewall (yang telah terintegrasi ke dalam Windows XP Service Pack 2, Windows Vista dan Windows Server 2003 Service Pack 1 sistem operasi), Symantec Norton Personal Firewall, Kerio Personal Firewall, dan lain-lain. Personal Firewall biasanya hanya memiliki dua fitur utama, yaitu Firewall paket dan Stateful Firewall.

Network Firewall

Network Firewall dirancang untuk melindungi seluruh jaringan dari berbagai serangan. Umumnya ditemukan dua tipe, yaitu perangkat khusus dan perangkat lunak yang diinstal pada sebuah server. Contoh Network Firewall adalah Microsoft Internet Security dan Percepatan Server (ISA Server), Cisco PIX, Cisco ASA, Iptables sistem operasi GNU / Linux, PF di BSD Unix dan krim surya Sun Microsystems, Inc. yang disediakan dalam sistem operasi Solaris.

Network Firewall terdiri dari beberapa karakteristik utama, yaitu Firewall pribadi (packet Filtering Firewall dan Stateful Firewall), tingkat sirkuit Gateway aplikasi level Gateway dan Firewall NAT. Firewall tidak nampak pada pengguna perangkat dan teknologi routing yang digunakan untuk menentukan paket yang diperbolehkan dan yang tidak diperbolehkan.

Fungsi Firewall

Secara mendasar, firewall dapat melakukan hal-hal berikut:

  1. Mengatur dan mengontrol lalu lintas jaringan
  2. Melakukan autentikasi terhadap akses
  3. Melindungi sumber daya dalam jaringan privat
  4. Mencatat semua kejadian, dan melaporkan kepada administrator
Mengatur dan Mengontrol Lalu lintas jaringan

Fungsi utama firewall adalah dapat mengatur dan mengontrol lalu lintas jaringan yang aman dan diizinkan untuk mengakses jaringan pribadi atau komputer yang terpasang Firewall. Firewall akan melakukan pemeriksaan pada paket yang akan masuk dan memantau koneksi yang sedang berlangsung serta melakukan penyaringan terhadap koneksi berdasarkan hasil inspeksi paket dan koneksi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × one =