TRIAC : Pengertian dan Aplikasinya

TRIAC : Pengertian dan Aplikasinya – TRIAC merupakan fitur semikonduktor berterminal 3 yang berperan sebagai pengendali arus listrik. Nama TRIAC ini ialah singkatan dari TRIode for Alternating Current (Trioda untuk arus bolak balik). Sama seperti SCR, TRIAC juga termasuk sebagai Thyristor yang berperan sebagai pengendali ataupun Switching. Tetapi, berbeda dengan SCR yang cuma bisa dilewati arus listrik dari satu arah( Unidirectional), TRIAC mempunyai keahlian yang bisa mengalirkan arus listrik ke kedua arah( Bidirectional) pada saat dipicu.

TRIAC : Pengertian dan Aplikasinya

Halte Gate TRIAC cuma membutuhkan arus yang relatif rendah buat bisa mengatur aliran arus listrik AC yang besar dari 2 arah terminalnya. TRIAC kerap pula diucap dengan Bidirectional Triode Thyristor. Pada dasarnya, suatu TRIAC sama dengan 2 buah SCR yang disusun serta disambungkan secara antiparalel( paralel yang bertentangan arah) dengan Halte Gerbang ataupun Gate- nya dihubungkan bersama jadi satu. Bila dilihat dari strukturnya, TRIAC ialah komponen elektronika yang terdiri dari 4 lapis semikonduktor serta 3 Halte, Ketiga Halte tersebut antara lain merupakan MT1, MT2 serta Gate. MT merupakan singkatan dari Main Halte.

Bentuk dan Simbol TRIAC

Berikut ini adalah gambar dan Struktur serta Simbol TRIAC.

triac

Aplikasi TRIAC

TRIAC ialah komponen yang sangat sesuai buat digunakan sebagai AC Switching( Saklar AC) sebab bisa megendalikan aliran arus listrik pada 2 arah siklus gelombang bolak- balik AC.

Kemampuan inilah yang jadi kelebihan dari TRIAC bila dibanding dengan SCR. Tetapi TRIAC pada biasanya tidak digunakan pada rangkaian switching yang mengaitkan energi yang sangat besar. Salah satu sebabnya yakni karena ciri Switching TRIAC yang non- simetris dan juga hambatan elektromagnetik yang diciptakan oleh listrik yang berdaya besar itu sendiri.

Beberapa aplikasi TRIAC pada peralatan-peralatan Elektronika maupun listrik diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Pengatur pada Lampu Dimmer.
2. Pengatur Kecepatan pada Kipas Angin.
3. Pengatur Motor kecil.
4. Pengatur pada peralatan-peralatan rumah tangga yang berarus listrik AC.

Rangkaian Switching TRIAC

triac 1

Foto diatas merupakan Rangkaian dasar dari aplikasi TRIAC yang digunakan sebagai Switching( Saklar). Pada dikala SW1 terbuka, tidak terdapat arus listrik yang mengalir ke halte Gate TRIAC serta Lampu dalam keadaan OFF( mati). Dikala SW1 tertutup/ dihubungkan, Halte Gate pada TRIAC hendak dialiri oleh arus listrik lewat Resistor( R) dari sumber energi DC ataupun Baterai( VG). Perihal ini hendak menggerakkan TRIAC jadi Konduktor yang menghubungkan Lampu dengan sumber arus listrik AC. Lampu hendak berganti jadi ON( Nyala).

Sekian hal yang dapat kami bagikan mengenai TRIAC : Pengertian dan Aplikasinya. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar dan jangan lupa share jika anda terbantu dan informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 5 =