VPN: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja

VPN: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja – VPN merupakan teknologi komunikasi yang memungkinkan pengguna untuk terhubung ke jaringan publik untuk mengakses jaringan lokal. Tidak hanya untuk memotong akses, pengguna VPN juga dapat terhubung ke internet dengan aman tanpa membahayakan identitas dan privasi.

VPN: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian VPN

Apa itu VPN (Virtual Private Network)? Pengertian VPN yaitu sebuah koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lainnya yang terakses secara pribadi melalui jaringan publik.

Berikut penjelasan makna dari masing-masing kata pada Virtual Private Network:

  • Virtual: hal yang tidak nyata ataupun semu, di dunia maya/ internet
  • Private: hal yang sifatnya individu, tidak dapat diakses sembarang orang. Untuk melindungi kerahasiannya dari jaringan publik hingga seluruh informasi akan di- enkripsi
  • Network: jaringan koneksi yang saling terhubung

Dari pengertian tiap kata dari VPN dapat disimpulkan VPN merupakan koneksi virtual yang terjadi pada jaringan tertentu tanpa adanya koneksi riil yang terenkripsi.

Fungsi VPN

Mengacu pada pengertian VPN di atas, adapun beberapa fungsi VPN adalah sebagai berikut:

1.Kerahasiaan Data (Confidentially)

Pemakaian VPN bisa melindungi kerahasiaan informasi serta data milik pengguna supaya tidak digunakan orang lain sembarangan. Saat ini menggunakan jaringan yang bersifat publik dapat dibilang lumayan beresiko, terlebih buat bisnis- bisnis besar misalnya pada industri jasa konsultan ataupun asuransi yang rentan dengan informasi- informasi penting. Sehingga dengan memakai VPN maka mampu mengamankan keluar masuknya informasi lewat metode enkripsi.

2.Keutuhan Data (Data Integrity)

VPN pula bermanfaat buat menyelamatkan informasi dari oknum- oknum yang tidak bertanggung jawab. Program VPN akan memastikan proses transmisi informasi berakhir serta diterima oleh penerima yang sesuai dengan permintaan user tanpa terdapatnya perubahan sedikitpun ataupun manipulasi dari informasi yang dikirim.

3.Otentikasi Sumber (Origin Authentication)

Program pada VPN mengautentikasi sumber pengirim data yang akan diterima. VPN akan menyaring dan memeriksa data yang masuk dari sumbernya. Jika data berhasil lolos maka dapat di akses, begitupun sebaliknya sehingga dapat mencegah kiriman file virus atau malware.

Secara umum manfaat penggunaan VPN adalah sebagai berikut:

  • Pribadi; privasi yang lebih terjamin dengan terdapatnya fitur menyembunyikan aktivitas dari ISP disaat berselancar di internet. Pengguna VPN bisa menyembunyikan alamat IP sehingga pada saat melakukan browsing internet hingga pihak lain tidak akan mengetahui posisi geografis pengguna
  • Remote Acces; dengan terdapatnya VPN maka kita bisa mengakses jaringan pc di kantor ataupun di mana saja lewat jaringan internet.
  • Keamanan; VPN membantu melindungi keamanan jaringan internet dari serbuan hacker, terlebih apabila mengenakan WiFi umum
  • Hemat Biaya; VPN menolong penghematan biaya pengaturan jaringan. Pemakaian VPN pada jaringan lokal yang luas bisa dilakukan dengan biaya murah sebab menggunakann jaringan internet yang sudah terdapat tanpa wajib membangun jaringan sendiri

Cara Kerja VPN

Cara kerja VPN yaitu menciptakan jaringan di dalam jaringan atau Tunneling dengan tujuan membuat jalur koneksi pribadi memanfaatkan infrakstruktur jaringan lain. Dengan menggunakan VPN data akan di enskripsi sehingga hanya pengguna yang bisa mengetahui trafik data pengguna dan situs yang dibuka oleh pengguna itu sendiri.

Melihat cara kerja VPN ini, maka:

  • ISP tidak akan mengetahui aktivitas pengguna VPN di internet
  • Alamat IP yang terlihat adalah IP server VPN
  • Penggunaan hotspot WiFi publik menjadi lebih aman karena data terenkripsi
  • Provider VPN bisa melihat aktivitas pengguna VPN di internet

Kelebihan dan Kekurangan VPN

Mengacu pada pengertian dan fungsi dari VPN, berikut beberapa kelebihan dan kekurangan VPN

1.Kelebihan VPN
  • Untuk industri yang memerlukan jaringan spesial yang nyaman, maka VPN merupakan solusi dengan bayaran yang lebih murah
  • Dengan terdapatnya VPN maka mobilitas industri akan lebih baik dimana para pekerja bisa tersambung dengan jaringan kantor lewat fitur pribadi di rumah
  • Fitur kemanan VPN bisa disesuaikan dengan kebutuhan
2.Kekurangan VPN
  • Ketika menyediakan akses ke karyawan secara global, maka aspek kemanan jadi resiko tersendiri karena data sensitif perusahaan bisa diakses.
  • Dibutuhkan perhatian ekstra dalam penetapan sistem keamanan VPN

Sekian hal yang dapat kami bagikan mengenai  VPN: Pengertian, Fungsi, Manfaat, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar dan jangan lupa share jika anda terbantu dan informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eight + 9 =