Zat Zat Yang Dapat Menimbulkan Efek Rumah Kaca

Zat Zat Yang Dapat Menimbulkan Efek Rumah Kaca – Efek rumah kaca sudah menjadi ancaman terbesar di bumi kita ini, dan hal itu akan membahayakan jiwa jutaan makhluk hidup di bumi. Ada banyak contok dampak atau penyebab terjadinya efek rumah kaca ini, di kehidupan kita sehari-hari.  Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai contoh zat – zat yang dapat menimbulkan efek rumah kaca.

Zat Zat Yang Dapat Menimbulkan Efek Rumah Kaca

1.Penggunaan Pupuk Kimia

Mayoritas petani menggunakan pupuk yang menggunakan bahan kimia dibandingkan berbahan organik karena banyak faktor. Tuntutan hasil panen yang berkualitas dan bagus, tuntutan kuantitas hasil panen hingga tuntuta waktu panen yang tepat. Penggunaan pupuk berbahan kimia menjadi salah satu penyebab munculnya efek rumah kaca, karena adanya penipisan lapisan ozon dari pemakaian bahan kimia seperti Insektisida dan Fertilizer. Tak hanya pada pupuk, penggunaan pembasmi hama tanaman dengan bahan kimia juga menjadi penyumbang seperti zat pencemar, sebagai salah satu gas rumah kaca.

2.Penebangan Hutan Atau Perpindahan Lahan

Tentu saja penebangan hutan maupun perpindahan lahan juga menjadi salah satu penyebab munculnya efek rumah kaca. Kegiatan manusia menyumbangkan banyak gas – gas pencemar seperti Karbondioksida atau CO2 pada bumi, jika penebangan hutan dilakukan maka secara langsung penyerapan gas karbondioksia menipis dan berkurang kemudian membuat udara kian tercemar. Di beberapa negara maju fungsi hutan lebih sebagai unsur konservasi, sedangkan bagi negara yang masih berkembang fungsi hutan adalah untuk sumber pendapatan. Tetapi cara pengolahan hutan tersebut, harus dengan peraturan yang tidak menimbulkan sumber pemanasan suhu udara karena hutan adalah paru-paru bumi.

3.Gas Rumah Kaca

Yang terdiri dari :

a. Senyawa karbondioksida

Karbondioksida adalah gas dengan konstribusi terbesar penyebab terjadinya efek rumah kaca dan pemanasan global. Konsentrasi alaminya kecil sehingga hanya bisa diserap sebanyak 0,3 % di atmosfer. Karbondioksida juga berfungsi dalam proses fotosintesis tanaman dengan bantuan sinar matahari.

b. Senyawa methan

Methan berasal dari proses bakteri saat menguraikan bahan organik dalam kondisi tanpa udara. Methan buatan manusia berasal dari industri, dan pertanian dan pembakaran biomassa. Selain itu gas ini juga merupakan yang mudah terbakar dan akan menghasilkan karbondioksida, sebagai hasil sampingannya.

c. Senyawa nitrogen

Senyawa nitrogen memiliki masa hidup selama kurang lebih 150 tahun di atmosfer. Tentu saja penggunaan senyawa ini akan menimbulkan penimbunan senyawa nitrogen pada atmosfer dan dapat menimbulkan konsentrasi yang meningkat. Pemakaian bahan bakar fosil, dan pupuk nitrogen juga menjadi penyumbang penimbunan senyawa nitrogen pada atmosfer.

d. Chloro Floro Carbon

Pemakaian CFC atau Chloro Floro Carbon dalam waktu yang lama, berkelanjutan dan tentu berlebihan pada berbagai barang elektronik seperti AC, dry clean, dan industri elektronik lainnya akan menambah kadar pencemaran udara yang mengakibatkan penimbunan pada lapisan atmosfer.

Sekian hal yang dapat kami bagikan mengenai Zat Zat Yang Dapat Menimbulkan Efek Rumah Kaca. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar dan jangan lupa share jika anda terbantu dan informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 3 =