6 Tips Meningkatkan Daya Tahan Baterai Laptop

6 Tips Meningkatkan Daya Tahan Baterai Laptop – Tentu kita akan nyaman jika kita dapat menggunakan laptop tanpa wajib membawa charger kemana-mana. Oleh dikarenakan itu, kita wajib memahami beragam tips meningkatkan daya tahan baterai laptop anda, agar kita mampu bebas bekerja tanpa wajib repot. Berikut langkah menambah kekuatan tahan baterai laptop Windows anda.

6 Tips Meningkatkan Daya Tahan Baterai Laptop

1.Windows Performance Power Slider

Dengan Windows Performance Power Slider ini, anda bisa mengatur dengan cepat pengaturan performa dan konsumsi daya. Sehingga tergantung dari penggunaan laptop, anda bisa mengurangi konsumsi daya dengan menggunakan fitur ini. Untuk membuka opsi tersebut, klik saja icon “Baterai”. Ada 4 tingkatan yang bisa anda pilih, yaitu sebagai berikut.

  1. Best Battery (Geser ke yang paling kiri): Opsi ini menurunkan performa pc seminimal mungkin. Namun kamu sanggup memperoleh kekuatan tahan baterai yang lebih lama. Jika kamu bekerja dengan banyak aplikasi, pilih opsi ini akan menurunkan performanya.
  2. Better Battery: Opsi ini merupakan opsi standar jikalau kamu udah mencabut charger laptop anda. Performa tidak terlalu turun secara mencolok dan kekuatan tahan baterai termasuk akan lama walau tidak selama opsi pertama.
  3. Better Performance: Opsi ini dipilih secara otomatis jikalau kamu colok laptop kamu ke charger. Anda termasuk sanggup pilih opsi ini ketika gunakan baterai, namun baterai kamu akan cepat habis.
  4. Best Performance (Geser ke yang paling kanan): Performa laptop kamu akan terlalu tinggi. Opsi ini tersedia di kala gunakan baterai maupun kala gunakan charger. Namun jikalau kamu menggunakannya kala gunakan baterai, baterai kamu akan terlalu cepat habisnya.

Kesimpulannya, jika kamu mengidamkan memperoleh energi tahan baterai yang amat lama, maka kamu tinggal geser ke paling kiri. Jika kamu mengidamkan memperoleh performa lebih, maka geser ke kanan. Selain itu, kamu juga dapat sesuaikan Windows sehingga segera menentukan Best Battery ketika sisa baterai kamu di kadar tertentu. Caranya adalah buka Start dan ketik “battery saver” dan tekan enter.

2.Kecerahan layar

Windows secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar kalau anda memanfaatkan Performance Slider pada tips pertama. Namun anda termasuk mampu turunkan kecerahan layar kembali kalau dirasa anda dambakan lebih lama memanfaatkan laptop. Untuk turunkan kecerahan layar, biasanya telah di sajikan tombol khusus untuk turunkan kecerahan layar. Saya sendiri memanfaatkan laptop HP dan tombol kecerahan layar tersedia di tombol F2 dan F3. Jika anda tidak sadar dimana letak tombolnya, silahkan baca buku manualnya.

Anda termasuk mampu manfaatkan Action Center untuk menurunkan kecerahan layar. Klik tombol notifikasi di pojok kanan bawah layar anda. Kemudian pindah ke kiri untuk menurunkan kecerahan atau pindah ke kanan untuk menaikkannya. Jika tidak ada slider kecerahan layar, jangan lupa klik postingan “Expand” untuk menampilkan seluruh opsinya. Klik “Collapse” untuk mengecilkannya kembali.

3. Menemukan aplikasi yang menguras daya baterai

Tidak cuma smartphone anda, Windows termasuk dapat mendeteksi aplikasi apa yang paling banyak menggunakan kekuatan baterai laptop anda. Dengan begitu, kamu dapat berhenti sangat lama menggunakan aplikasi tersebut dan kekuatan tahan baterai laptop kamu akan meningkat. Buka Start dan ketik “affecting your battery life” dan tekan enter. Dapat diamati bahwa apliksai yang paling banyak menggunakan kekuatan baterai. Sehingga, anda disarankan menutup aplikasi tersebut atau menggunakan aplikasi lain yang sama namun konsumsi dayanya lebih rendah.

4.Mematikan Wi-Fi dan Bluetooth

Setiap perangkat keras pastinya mengonsumsi kekuatan baterai anda. Meminimalisir pemanfaatan perangkat keras selanjutnya pasti mengakibatkan kekuatan tahan baterai kamu meningkat. Perangkat keras yang mampu kamu coba untuk matikan adalah Wifi dan Bluetooth. Jika kamu bekerja offline, mematikan Wifi adalah pilihan yang tepat. Caranya adalah klik saja icon Wifi terhadap pojok kanan bawah layar kamu dan klik tombol besar Wi-Fi. Untuk mematikan Bluetooth, klik saja icon notifikasi dan klik icon Bluetooth. Jika kamu berada di pesawat atau ingin mematikan Wifi dan Bluetooth sekaligus, kamu mampu mengaktifkan Airplane mode.

5.Hibernate daripada menggunakan Sleep

Dengan Sleep, seluruh aplikasi yang berlangsung akan disimpan ke RAM dan hampir seluruh perangkat keras tidak akan pakai daya baterai. Ketika anda membangunkan laptop anda, seluruh aplikasi tersebut akan kembali seperti semula. Namun terkecuali anda ingin lebih irit baterai, anda bisa pakai Hibernate.

Aplikasi yang berlangsung akan disimpan ke HDD atau SSD. Kemudian, komputer akan mematikan seluruh perangkat keras agar tidak mengonsumsi daya apapun. Untuk mengaktifkan Hibernate, buka Start dan ketik “choose a power plan” dan tekan enter. Pada panel sebelah kiri, klik “Choose what the power button does”. Untuk mengaktifkannya, klik “Change settings that are currently unavailable”. Kemudian, centang opsi Hibernate. Jika sudah, klik “Save changes”.

6.Windows 10 Power Troubleshooter

Jika anda bingung apa penyebab energi tahan baterai anda tidak lama, anda bisa manfaatkan Windows 10 Power Troubleshooter dan Windows akan coba melacak penyebabnya dan memperbaikinya secara otomatis. Untuk menggunakannya, membuka Start dan ketik “troubleshoot” dan tekan enter. Geser ke bawah dan klik “Power”, tunggu hingga prosesnya selesai. Jika telah selesai, maka akan tampil penyebabnya dan Windows akan otomatis memperbaikinya.

Sekian hal yang dapat kami bagikan mengenai 6 Tips Meningkatkan Daya Tahan Baterai Laptop. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar dan jangan lupa share jika anda terbantu dan informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

thirteen − one =