Pengertian dan Cara Kerja Sensor Ultrasonik

Cara Kerja Sensor Ultrasonik – Sensor merupakan komponen dengan fungsi mendekteksi perubahan pada suatu objek baik perubahan fisik ataupun kimia. Seperti yang kita ketahui, sangat banyak jenis sensor yang ada saat ini seperti sensor suara, sensor cahaya, sensor gerak, sensor suhu dan banyak jenis lainnya yang diaplikasikan ke berbagai bidang.

Selain jenis sensor yang telah disebutkan, ada satu jenis sensor yang sering digunakan saat ini yaitu sensoer ultrasonik. Apa pengertian dari sensor ultrasonik, bagaimana fungsi dan bentuk rangkaiannya ? semua akan dibahas secara singkat di artikel kali ini.

Pengertian dan Cara Kerja Sensor Ultrasonik

Pengertian

Sensor ultrasonik adalah sensor yang memiliki fungsi mengubah besaran fisis atau bunyi menjadi besaran listrik dan begitu pula sebaliknya. Prinsip kerja sensor ultrasonik terbilang simpel, pantulan gelombang suara digunakan untuk mendefisinikan atau mengetahui eksistensi atau jarak suatu objek dengan frekuensi tertentu. Dinamakan sensor ultrasonik karena sensor ini menggunakan gelombang ultrasonik.

ultrasonik 2

Gelombang ultrasonik memiliki frekuensi yang sangat tinggi dan dapat mencapai 20.000 Hz, frekuensi ini tidak dapat di dengar oleh manusia dan hanya dapat didengar oleh hewan tertentu seperti kucing, anjing, kelelawar dan lumba – lumba. Bunyi yang dihasilkan dari sensor ultrasonik dapat merambat melalui benda padat, cair maupun gas. Namun dibandingkan dengan benda padat dan gas, benda cair adalah media merambat yang paling baik untuk sensor ultrasonik ini. Karena alasan tersebut, kebanyakan sensor ultrasonik digunakan  pada kapal selam dan alat khusu untuk mengukur kedalaman air laut.

Cara Kerja

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, sensor ultrasonik bekerja dengan prinsip memantulkan suara. Gelombang ultrasonik akan dibangkitkan dan dibandingkan menggunakan alat yang bernama Piezoelektrik , umumnya frekuensi gelombang hanya sekitar 40 kHz. Sensor ultrasonik akan menembakkan gelombang ultrasonik ke objek tertentu kemudia gelombang akan dipantulkan kembali ke sensor.

ultrasonik 1

Kemudian sensor akan mengkalkulasikan antara waktu pengiriman dan penerimaan gelombang untuk mengetahui jarak objek. Sinyal yang dipancarkan sensor berkecepatan sekitar 340 m/s, sinyal atau gelombang yang kembali akan dihitung dengan rumus S = 340.t/2. Dimana, t adalah selisih waktu dan S adalah jarak terhadap objek.

Sekian hal yang dapat kami bagikan mengenai Pengertian dan Cara Kerja Sensor Ultrasonik, jika masih ada hal yang ingin diketahui silahkan tinggalkan jejak pada kolom komentar. Jangan lupa share jika anda terbantu dan informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sixteen − twelve =