7 Tempat Ter-Utara di Dunia

7 Tempat Ter-Utara di Dunia – Dunia memiliki banyak fakta unik yang belum diketahui sehingga menarik untuk diperbincangkan. Berbicara tentang fakta unik dunia, mungkin ada beberapa dari kita yang belum mengetahui tempat – tempat apa saja dengan letak yang paling utara di dunia. Pada artikelkali ini, kita akan membahas 7 Tempat Ter-Utara di Dunia.

7 Tempat Ter-Utara di Dunia :

1.Daratan paling utara

utara daratan

Daratan paling utara di muka Bumi ini adalah daratan Pulau Kaffeklubben, Pulau Kaffeklubben terletak di sisi utara Pulau Greenland. Titik koordinat Pulau Kaffeklubben adalah 83 derajat Lintang Utara dan berjarak 714 km dari Kutub Utara. Pulau Kaffeklubben pertamakali dikunjungi oleh seorang penjelajah Amerika Serikat yaitu Robert Peary pada tahun 1900. Pada tahun 1921, penjelajah asal Denmark bernama Lauge Koch menjelajahi Pulau Kaffeklubben dan memerikannya nama Kaffeklubben (Bahasa Denmark) yang artinya ‘kedai kopi’.

2.Lautan paling utara

utara laut

Lautan ter-utara di dunia adalah Laut Arktik yang telah diakui sebagai samudera oleh organisasi International Hydrographic Organization (IHO). Lautan ini mempunyai luas 14.056.000 km persegi dan berbatasan dengan beberapa negara maupun teritorial seperti Alaska, Rusia, Norwegia, Greenland dan Kanada. Laut atau Samudera Arktik menjadi lokasi terdapatnya kutub Utara yang berada di tengah titik lautan. Di Laut Arktik dihuni oleh mahluk hidup seperti beruang kutub, walrus, paus dan tentunya ada pitoplankton.

3.Pemukiman paling utara

utara permukiman

Pemukiman paling utara adalah Alert yang terletak di Nunavut, Kanada. Alert ini terletak pada koordinat 82 derajat Lintang Utara dan berjarak 817 km dari Kutub Utara. Pada tahun 2016, penduduk yang tercatat hanya berjumlah 62 orang dan didominasi oleh peneliti dan tentara yang bertugas. Nama Alert diambil dari kapal HMS Alert yang terdampar di es laut Arktik pada tahun 1875 hingga 1876.

4.Negara berdaulat paling utara

utara negara

Negara berdaulat paling utara yaitu Kanada, Kanada merupakan negara persemakmuran Inggris yang dipimpin oleh Raja/Ratu Inggris namun untuk urusan pemerintahan diambil alih oleh perdana menteri. Kanada dengan luas area 9.984.670 km persegi merupakan negara dengan wilayah terluas kedua di dunia. Negara yang terbagi menjadi 10 provinsi dan 3 teritorial ini beribukota di Ottawa dan kota terbesarnya sendiri yaitu kota Toronto. Bahasa Inggris dan Prancis merupakan dua bahasa resmi yang diakui di negara ini.

5.Ibu kota paling utara

utara ibukota

Ibu kota paling utara di dunia adalah Reykjavik yang merupakan Ibu kota dari Islandia. Kota Reykjavik menjadi pusat budaya dan perekonomian Islandia, kota ini terkenal lingkungannya yang bersih, hijau dan tentunya aman dari kejahatan. Reykjavik menyandang gelar kota terdingin di dunia, suhu yang pernah tercatat adalah -19,7 derajat Celsius pada tahun 1971. Sedangkan untuk suhu terpanas maksimalnya cuma menyentuh angka 25,7 derajat Celsius pada tahun 2008.

6.Bandara komersil paling utara

utara bandara

Bandara komersil ter-utara adalah Bandara Svalbard Longyear yang terletak di Pulau Svalbard, Norwegia. Bandara Svalbard Longyear dibangun mulai masa perang dunia kedua dan beroperasi pertamakali pada tahun 1959. Bandara ini pernah direnovasi pada tahun 1973 dan dibuka kembali pada tahun 1975. Bandara Svalbard Longyear melayani rute domestik ke beberapa kota di Norwegia seperti Oslo, Tromso dan Ny-Alesund. Bandara ini juga melayani rute Moscow-Sheremetyevo namun hanya bersifat musiman saja.

7.Masjid paling utara

utara masjid

Masjid paling utara adalah Masjid Nord Kamal yang terletak di kota Norilsk, Rusia. Masjid Nord Kamal dibangun oleh inisiatif Mukhtad Bekmeyev yang merupakan seorang pengusaha etnis Tartar. Masjid Nord Kamal diambil dari nama ayah dan ibu dari Mukhtad Bermeyev. Masjid ini dibuka pada tahun 1998, masjid ini dibangun dengan arsitektur yang indah dan menyesuaikan dengan iklim kutub utara yang dingin. Kota Norilsk pernah tercatat sebagai kota terpolusi sedunia, sehingga kehadiran masjid ini menjadi hal yang unik. Muslim di kota ini membentuk suatu komunitas yang bernama Muslim Eskimos Community Center.

Sekian hal yang dapat kami bagikan mengenai 7 Tempat Ter-Utara di Dunia, jika masih ada hal yang ingin diketahui silahkan tinggalkan jejak pada kolom komentar. Jangan lupa share jika anda terbantu dan informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × four =