9 Perbedaan Prosesor AMD dan Intel

Perbedaan AMD dan Intel 3

Perbedaan Prosesor AMD dan Intel – Prosesor sangat penting bagi laptop, jika diibaratkan tubuhu manusia maka Motherboard adalah jantung dan prosesor adalah otak. Prosesor berfungsi mengontrol semua Hardware dan Software, oleh karena itu prosesor sangat penting. AMD dan Intel merupakan merk prosesor yang paling terkenal dan banyak digunakan sekarang ini, tentu mengetahui perbedaan keduanya sangat penting terutama bagi anda yang ingin membeli laptop. Berikut ulasan singkat perbedaan antara keduanya :

Perbedaan Prosesor AMD dan Intel

1. Sejarah AMD dan Intel

Intel telah merilis prosesor pertama pada tahun 1971 dengan kode nama Intel 4004. Intel telah memproduksi lebih awal 20 tahun dibanding AMD. AMD baru menciptakan prosesor pertamanya bernama Am386. Am386 merupakan tiruan dari produk Intel yaitu Intel 386 yang dibuat Intel pada tahun 1986

2.Suhu Prosesor

Perbedaan AMD dan Intel 2

Rating TDP (Thermal Design Point) dari Intel lebih rendah dibanding AMD. Yang berarti Intel tidak lebih cepat panas dibanding AMD. Prosesor AMD cenderung lebih cepat panas karena memiliki jumlah core lebih banyak dibanding Intel. Semakin banyak core maka konsekuensinya semakin cepat prosesor panas juga.

3.Kemampuan dan Kualitas Grafis

Kemampuan grafis AMD lebih baik dibanding Intel, prosesor AMD dengan grafis Radeon sanggup melampaui prosesor Intel dengan grafis Intel Iris. Meskipun Intel telah meluncurkan Iris Pro, tetap saja prosesor AMD Ryzen dengan generasi terbaru Radeon lebih unggul.

4.Kemampuan Multimedia

Perbedaan AMD dan Intel 1

Meskipun kalah dari segi grafis tapi tidak halnya dalam segi multimedia. Perbedaan dari segi multimedia yang paling mencolok adalah kualitas gambar yang ditampilkan Intel jauh lebih tajam dibandingkan AMD. Rendering video akan lebih cepat pada prosesor Intel dibandingkan prosesor AMD.

5.Kompatibilitas dengan GPU Diskrit

Untuk kategori High End, Intel lebih disarankan daripada AMD. Kartu grafis seperti NVIDIA cenderung lebih cocok ke Intel dibanding AMD. Power prosesor AMD yang tertinggi pun masih kurang kompatibel dengan NVIDIA dibanding dengan Intel Core i3 atau i5. Karena GPU NVIDIA lebih kompatibel dengan Intel, saat digunakan bermain game berat, prosesor Intel bisa menghasilkan frame rate hingga 30 fps lebih tinggi dibanding AMD.

6.Overclocking Prosesor

Overclocking adalah upaya untuk meningkatkan clock rate atau kecepatan prosesor agar dapat melampaui kecepatan maksimalnya. Intel lebih unggul dibanding AMD dalam hal ini, peningkatan kecepatan setelah Overclock pada Intel masih dapat mencapai 4.5 GHz. Perlu diingat  Overclocking membutuhkan sistem pendinginan yang lebih tinggi. Karena jika suhu prosesor tidak didinginkan secara ekstrem akan berakibat ke rusaknya komponen pada prosesor itu sendiri.

7.Ketersediaan Motherboard

Motherboard yang tersedia dipasaran lebih banyak kompatibel dengan Intel, bentuk socket yang ada pada umumnya pun disesuaikan dengan produk Intel. Untuk AMD, masih sulit untuk mencari Motherboad karena Intel lebih dulu bermain di segmen PC rakitan dibanding AMD. Kelebihan dari segi kompatibilitas inilah menjadi perbedaan AMD dan Intel.

8.Sensitivitas virus

AMD memiliki EVP atau Enhanced Virus Protection yakni fitur pendeteksi virus atau Malware dalam sebuah program secara otomatis. Jika terdeteksi virus, prosesor AMD tidak akan memproses tindakan tersebut. Sensitivitas virus AMD lebih baik dibandingkan dengan Intel.

9.Perbedaan AMD dan Intel dari Segi Harga

Perbedaan AMD dan Intel

Dari segi harga, AMD ketimbang lebih murah dibandingkan Intel. Untuk kelas menegah ke bawah, harga yang ditawarkan AMD lebih terjangkau dibanding Intel walaupun dengan spesifikasi yang sama. Perbedaan ini adalah hal yang paling mencolok antra Intel dan AMD. Namun untuk kelas atas, harga yang ada tidak jauh berbeda.

Sekian hal yang dapat kami bagikan mengenai 9 Perbedaan Prosesor AMD dan Intel, hal yang dapat dipertimbangkan adalah sesuaikan dengan kebutuhan anda. Jika ingin harga murah dengan spesifikasi tinggi maka AMD jawabannya, namun jika mementingkan performa multimedia Intel lebih disarankan. Jika masih ada hal yang ingin diketahui silahkan tinggalkan jejak pada kolom komentar. Jangan lupa share jika anda terbantu dan informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seven + 3 =