Komunikasi Data dan Jaringan Komputer

Komunikasi Data dan Jaringan Komputer – Komunikasi data adalah sistem pengiriman informasi salah satu dua titik memanfaatkan kode biner lewat saluran transmisi dan peralatan switching mampu terjadi antara computer dengan komputer, computer dengan terminal atau computer dengan peralatan. Komunikasi data merupakan gabungan dari tehnik telekomunikasi dengan tehnik pengolahan data.

Komunikasi Data dan Jaringan Komputer

Tujuan Komunikasi Data

  1. Memungkinkan pengiriman data dalam jumalh besar efisien, tanpa kesalahan dan ekomis dari suatu daerah ketempat yang lain.
  2. Memungkinkan pemakaian sistem pc dan perlatan pendukung dari jarak jauh (remote pc use).
  3. Memungkinkan pemakaian pc secara terpusat maupun secara tersebar supaya menolong manajemen dalam hal kontrol, baik desentralisasi ataupu sentralisasi.
  4. Mempermudah kemungkinan pengelolaan dan pengaturan data yang tersedia dalam berbagai mcam sistem komputer.
  5. Mengurangi saat untuk pengelolaan data.
  6. Mendapatkan da langsung dari sumbernya.
  7. Mempercepat penyebarluasan informasi.

Model Komunikasi Data

Komunikasi data berkaitan dengan pertukaran data diantara dua perangkat yang terhubuang secara langsung yang memungkinkan adanya pertukaran data antar kedua pihak. Terdapat elemen – elemen berikut ini dan fungsinya :

  1. Source (sumber) : Alat ini membangkitkan data sehingga dapat ditransmisikan, contoh telepon, Personal Computer (PC)
  2. Transmitter (pengirim): Biasanya knowledge yang dibangkitkan berasal dari sister sumber tidak ditransmisikansecara langsung dalam bentuk aslinya. Sebuah transmitter memadai memindah dan menandai Info bersama dengan langkah yang sama layaknya sinyal-sinyal elektromagnetik yang sanggup ditransmisikan melewati beberapa proses transmisi berurutan.
  3. Sistem transmisi : Berupa jalur transmisi tunggal (single transmission)atau jarinagn komplek(complex network)yang menghubungkan antara sumber dengan tujuan (destination).
  4. Tujuan (destination) : menangkap data yang dihasilkan oleh receiver

Jaringan Komunikasi Data

Jaringan komunikasi dapat diartikan sebagai suatu sistem yang terbentuk dari interkoneksi fasilitas-fasilitas yang dirancang untuk membawa trafik dari beragam sumber telekomunikasi. Suatu jaringan terdiri dari link dan node. Istilah node digunakan untuk merepresentasikan sentral, junction  atau keduanya. Istilah link digunakan untuk merepresentasikan kabel, peralatan transmisi, dan sebagainya. Sedangkan trafik adalah informasi yang terdapat di dalam jaringan, yang mengalir melalui link dan node.

Suatu jaringan komunikasi merupakan sumber energi yang mampu dipakai secara bersamaan (shared) oleh sejumlah end user untuk berkomunikasi bersama user lain yang likasinya berjauhan. Tidak semua user manfaatkan jaringan terhadap pas yang bersamaan, oleh dikarenakan itu merupakan suatu hal yang logis seandainya sumber energi jaringanyang terlampau mutlak ini dipakai bersama-sama. Penggunaan sumber energi secara bersamaan ini melahirkan rencana sentral.

Berikut beberapa tipe jaringan Komunikasi:

a.LAN (Local Area Network)

LAN digunakan untuk menghubungkan komputer yang berada di dalam suatu area yang kecil, misalnya di dalam suatu gedung perkantoran atau kampus. Jarak antar komputer yang dihubungkan bias mencapai 5 sampai 10 km. Suatu LAN biasnya bekerja pada kecepatan mulai 10 Mbps sampi 100 Mbps. LAN menjadi populer karena memungkinkan banyak pengguna untuk memakai sumber daya yang dapat digunakan itu misalnya suatu mainframe, file server, printer, dan sebagainya.

b.MAN (Metropolitan Area Network)

MAN merupakan suatu jaringan yang cakupannya meliputi suatu kota. MAN menghubungkan LAN-LAN yang lokasinya berjauhan. Jangkauan MAN mencapai 10 km sampai beberapa ratus km. Suatu MAN biasanya bekerja pada kecepatan 1,5 sampai 150 Mbps.

c.WAN (Wide Area Network)

WAN dirancang untuk menghubungkan komputer-komputer yang terletak pada suatu cakupan geografis yang luas,seperti hubungan dari suatu kota ke kota yang lain didalm suatu Negara. Cakupan WAN bias meliputi 100 km sampai 1.000 km, dan kecepatan antar kota bias bervariasi antara 1,5 Mbps sampai 2,4 Gbps. Dalam WAN, biaya untuk peralatan untuk transmisi sangat tinggi,dan biasanya jaringan WAN dimiliki dan dioperasikan sebagai suatu jaringan public.

d.GAN (Global Area Network)

GAN merupakan suatau jarinagn yang menghubungkan Negara-negara diseluruh dunia. Kecepatan GAN bervariasi mulai dari 1,5 Mbps sampai dengan 100 Gbps dan cakupannya mencakupi ribuan kilometer

Sekian hal yang dapat kami bagikan mengenai Komunikasi Data dan Jaringan Komputer.  Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar dan jangan lupa share jika anda terbantu dan informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 + two =